Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan Mata Pelajaran Gambar Interior Dan Eksterior Di SMK Negeri 3 Yogyakarta
Didik Purwantoro, ST., M.Eng, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mencari seberapa besar tingkat pretasi belajar siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) mencari seberapa besar tingkat pemanfaatan internet kelas XI TGB di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (3) mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior di SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto, dengan (X) sebagai variabel bebas pemanfaatan internet dan (Y) sebagai variabel terikat prestasi belajar siswa. Populasi penelitian sebanyak 83 siswa dan jumlah sampel 68 siswa, yang ditentukan melalui teknik sampling proportional random sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Formula Empiris oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. validitas instrumen melalui pendapat para ahli dan uji validitas instrument menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) prestasi belajar XI TGB di SMK Negeri 3 Yogyakarta termasuk kategori Cukup/tuntas dengan presentase sebesar 91,2%. (2) pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh siswa termasuk dalam kategori tinggi, dengan capaian 83,8%. (3) dengan perbandingan = 4,762 yang lebih besar dari pada = 3,98, Maka dapat disimpulkan pemanfaatan internet memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi siswa kelas XI teknik gambar bangunan mata pelajaran gambar interior dan eksterior di SMK Negeri 3 Yogyakarta.Full Text:
PDFReferences
Anonim (2003). UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003. Jakarta
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Cetakan ke-14. Jakarta: ineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2007). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Cahyono, Hadi. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Media Memperoleh Sumber Belajar terhadap Prestasi belajar siswa kelas II Otomotif pada mata diklat motor/engine di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Yogyakarta: FT UNY.
Dalyono M. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghozali, Imam (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hidayah Dwi, Nur dan Muhyadi. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Korespondensi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Nomor 11 tahun 2015).
Mardapi, Djemari. (2007). Analisis Butir denagn Teori Klasik dan Teori Respon Butir. Yogyakarta: Lembaga penelitian IKIP Yogyakarta.
Mulyadi, Eko. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY. (Nomor 4). Hlm. 385-395.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nasution, Lila Hadri. (2006). Pemanfaatan Internet guna mendukung Kegiatan Perkulihaan mahasiswa Program Parcasarjana UNIMED. Karya ilmiah. Universitas Sumatra Utara, Medan.
Nurrochim, Muhammad. (2009). Faktor-Faktor Motivasi Penggunaan Internte Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jerman Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FBS UNY.
Oetomo, Budi Sutedjo Dharmo. (2002). Konsep Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rahardjo, Budi. Model Inovasi E-Learning dalam Meningatka-Mutu Pendidikan. http://pustekkom.depdiknas.go.id/index.php?pilih=hald&id=70 diakses tanggal 21 januari 2017
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemuala. Bandung: Alfabeta.
Sabatari, Widyabakti dan Haryanto, V. Lilik. (2013). Upaya Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Potret Komitmen Terhadap Standar Nasional Proses Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY. Hlm. 285-293.
Sardiman, A.M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, Amalia Putri Hanata. (2010). Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di. Sman 1 Malang. Skrips. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
_______. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno Hadi. (2002). Metodologi Rearch I, II, III, IV. Cetakan ke-19 Yogyakarta: Penerbit Andi.
___________. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Thobrini, Mohamad & Mustofa, Arif. (2013). Belajar & Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Wastono, FX. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Smk Pada Mata Diklat Teknologi Mekanik Dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY. (Nomor 4). Hlm. 396-400.
Yuliansah dan A. Rasyid Aliyah. (2015). Efektivitas Unit Produksi sebagai Sumber Belajar Kewirausahaan di SMK Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY. (Nomor 4). Hlm. 443-453.
Yunanto, Sri Joko. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: PT Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.