Studi Kelayakan Sarana Dan Prasarana Laboratorium Komputer Di Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu

Muh Bahrul Ulum Al Karimi, , Indonesia
Drs. Agus Santoso, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan ruang laboratorium komputer bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu berdasarkan standar sarana dan prasarana yang disyaratkan oleh Permendiknas No. 40 Tahun 2008 dan Badan Standar Nasional Pendidikan 1023-P2-10/11, serta standar antropometri perabot pengguna ruang laboratorium komputer bangunan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prasarana ruang Laboratorium Komputer Bangunan dinyatakan tidak layak, dikarenakan luas satuan per peserta didik tidak memenuhi standar minimal. (2) Sarana ruang Laboratorium Komputer yang meliputi perabot, media pembelajaran, dan perangkat lain ruang laboratorium komputer bangunan dinyatakan layak dan telah memenuhi standar. (3) Perabot berupa meja dan kursi berdasarkan antropometri pengguna perabot di ruang laboratorium komputer bangunan dinyatakan tidak layak, dikarenakan bentuk dan ukuran perabot.


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Indonesia. (2010). Instrumen Verifikasi SMK Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan No. 1023-P3-10/11.

Eko Nurmianto. 2008. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya : Guna Widya.

Elviana Margareta. (2013). Kajian Kelayakan Ruang Gambar Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Jasa Sipil. (2015). Cara Menghitung Kapasitas AC Dengan Mudah. Diakses dari http://www.jasasipil.com/2015/11/cara-menghitung-kapasitas-ac-pada-ruangan-dengan-mudah.html. Pada tanggal 5 Maret 2017, Jam 21.15 WIB.

KMS. M. Rama Perwira. (2015) Analisis kelayakan Ruang Laboratorium Komputer Bangunan di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok Yogyakarta. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Liza Fitri Haryani. (2018). Kelayakan Ruang Pembelajaran Teori di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

M. Saleh H. Emha, dkk. (2002). Pedoman penggunaan laboratorium sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Natsir Hendra Pratama. (2011). Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Tugas Akhir Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Neufert, Ernst. (1996). Data Arsitek Jilid 1 Edisi;3. Jakarta: Erlangga

Pamudji Suptandar. (1995). Manusia dan Ruang dalam Proyeksi Desain. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Peraturan Menteri. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Peraturan Menteri. (2008). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Peraturan Menteri. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 26 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah.

Peraturan Pemerintah. (2006). Pra-Perancangan Fasilitas Laboratorium di SMK. Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung

Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Panero, Julius dan Martin Zelnik. (2003). Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.

Putut Hargiyarto. (2011). Analisis Kondisi dan pengendalian Bahaya di Bengkel/Laboratorium Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Volume 20 Nomor 2). Hlm. 204.

SNI 03-6575-2001. (2001). Tata cara perancangan sistem pencahayaan buatan pada bangunan gedung. Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhadri, Bambang. (2008). Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Industri. Deprtemen Pendidikan Nasional: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan).

Sumardjito. (2013). Diktat Utilitas Bangunan. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Tarwaka, dkk. (2004). Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA PRESS.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Sistem pendidikan Nasional. Jakarta

Wilkening, Firtz. (1987). Tata Ruang. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.