Hubungan Prestasi Mata Pelajaran Produktif dan Motivasi Belajar Dengan Kesiapan Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Depok Sleman

Astri Widyastuti, , Indonesia
Drs. Darmono, M.T, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adakah hubungan prestasi mata pelajaran produktif dengan kesiapan Prakerin siswa; (2) adakah hubungan motivasi belajar dengan kesiapan Prakerin siswa; (3) adakah hubungan prestasi mata pelajaran produktif dan motivasi belajar dengan kesiapan Prakerin siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan expost-facto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya hubungan positif antara prestasi mata pelajaran produktif dengan kesiapan Prakerin siswa; (2) adanya hubungan positif antara motivasi belajar dengan kesiapan Prakerin siswa; (3) adanya hubungan positif antara prestasi mata pelajaran produktif dan motivasi belajar dengan kesiapan Prakerin siswa. Kontribusi Prestasi Mata Pelajaran Produktif dan Motivasi Belajar terhadap Kesiapan Prakerin Siswa sebesar 33,5%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: P.T. Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: P.T. Rineka Cipta.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: P.T. Rineka Cipta.

Imam Muchoyar, dkk (2013) yang berjudul Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Purwono, Carolus Adi. (2014). Kontribusi Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Cangkringan. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: P.T Rineka Cipta.

Slavin, Robert. (2009). Psikologi Pendidikan Teori dan Paktik. Jakarta: P.T Indeks.

Soemanto, Wasty. (2003). Psikologi Pendidikan. Malang: P.T Rineka Cipta.

Sugiyono. (2005). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sya’diyah, Nurul Kholifatus. (2012). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Taruna Jaya Gresik. Tugas Akhir Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.