Valuasi Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Mata Pelajaran Mdpl Pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK N 2 Depok

Firmansyah Dwi Laksono Aji, , Indonesia
Dr. Amat Jaedun, M.Pd., , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan prasarana dan sarana praktikum laboratorium komputer pada kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri  2 Depok Sleman Yogyakarta yang diukur dengan standar Permendiknas No. 40 Tahun 2008. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bidang Teknik Menggambar dengan Menggunakan Komputer dan penanggungjawab laboratorium komputer gambar bangunan. Obyek penelitiannya adalah sarana dan prasarana di laboratorium computer khususnya ditinjau dari luas ruang laboratorium komputer, perabot di ruang laboratorium komputer, peralatan pendidikan di ruang laboratorium komputer, media pendidikan dan kualitas perangkat utama yang berada di laboratorium komputer pada program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri  2 Depok Sleman Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan checklist yang digunakan pada saat observasi dengan skala penilaian model Rating Scale. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan yang berdasarkan PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat ketercapaian kelayakan: (1) Laboratorium Komputer Ruang Gambar TGB memiliki Prasarana, mencapai tingkat kelayakan sebesar 75% (Tidak Layak), (2) Tingkat Kelayakan Sarana perabot pada ruang laboratorium komputer 85% (Kurang Layak). (3) Kelayakan media pendidikan di ruang laboratorium komputer 100% (Layak), (4) peralatan di ruang laboratorium komputer 58,4% (Tidak Layak) dan, (5) kualitas/spesifikasi perangkat utama 8,5% (Kurang Layak).

Full Text:

PDF

References


Achmad Nurfaidin dan M. Jamin. (2008). Evaluasi Standar Kelayakan Sarana Dan Prasarana Ruang Praktik Pada Program Keahlian Teknik Konstruksi Banguana Smk N 1 Magelang. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Allen, D. G. (2006), Webster’s New World Dictionary, New York: Webster’s New World Dictionary.

Anonim. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Anonim, (2013). Pedoman Pelatihan Implementasi kurikulum 2013. Buku 1 (2010) Konstruksi Pengembangan. Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik Edisi Revisi IV. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Ghalia.

Badan Pusat Statistik. (2016). Keadaan Ketenaga kerjaan November 2016 No. 75/11/52/Th. XIII, 7 November 2016.

Badan Standar Nasional Indonesia. (2016). Istrumen Verivikasi SMK Penyelengaraan Ujian Praktik Kejuruan No. 1023-P3-15/16.

Daradjat, Zakiah. (2008). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Daryani. (2008). Proses Pembelajaran Menggunakan Laboratorium. Diakses dari http://daryanis8.wordpress.com/2008/12/22/makalah-manfaat-komputerdalam-pembelajaran/. pada tangal 5 November 2016, jam 07.14 WIB.

DEPDIKBUD. (1979). Undang Undang Nomor 7 tentang Tujuan atau Peranan Laboratorium. Jakarta: Depdikbud.

DEPDIKBUD. (1996). tugas dan kewajiban SMK-RSBI. Jakarta.

DEPDIKNAS. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.

DEPDIKNAS. (2008). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Tenaga Pendidikan.

DEPDIKNAS. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Hamndani. (2011). Stratagi Belajar Mengajar.Bandung : CV. Pustaka Setia.

Harahap, Sofyan Syafri. (2008).Teori Akuntansi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ibrahim Yacob, H. M. (2010). Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rineka. Cipata, Jakarta.

Joko Landung. (2010). Relevansi Fasilitas Praktik Mata Diklat PKDLE Program Keahlian Teknik Audio Video Di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Tahun 2010. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keputusan Menteri. (2004). Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 129a/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan.

McMillan, J.H. dan Schumacher, S. (2010). Research in Education (Evindace Based Inquiry) 7th edition. New Jersy : Pearson Education Inc.

Moleong, Lexy J. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Muhroji dkk, (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta

Paryanto. (2008). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pemesinan Mahasiswa D3 Teknik Mesin UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Peraturan Menteri. (2008). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008 Tanggal 31 Juli 2008 Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Peraturan Menteri. (1980). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1980 Tentang Pokok-Pokok Organisasi Universitas/Institut Negeri, Jakarta: Mendiknas

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional pendidikan (SNP).

Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Setiawan, Guntur. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung:Remaja Rosdakarya

Sidi, Djtai, I (2001). Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Paramandina, Logos Wacana Ilmu.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.

_______. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sulistyastuti, Dyah Ratih. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta.

Suryo Subroto, (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutrsno. (2004).Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 3. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

UNY. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301).

Uzer Usman. (2010). Menjadi Guru Profesional . Bandung: Rosda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.