Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Kebutuhan Diri Siswa Terhadap Minat Belajar Kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu.
Drs. Suparman, M.Pd., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar tingkat keterampilan mengajar guru, kebutuhan diri siswa, dan minat belajar siswa kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Sedayu; (2) mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar; (3) mengetahui pengaruh kebutuhan diri siswa terhadap minat belajar; (4) mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan kebutuhan diri siswa terhadap minat belajar kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu.
Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan Keterampilan Mengajar Guru (X1) dan Kebutuhan Diri Siswa (X2) sebagai variabel bebas serta Minat Belajar (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian siswa kelas X dan XI Progran Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu sebanyak 88 siswa dan sampel sebanyak 71 siswa ditentukan dengan menggunakan tabel Issac Michael. Teknik pengupulan data menggunakan anget. Data dianalisis dengan regresi ganda dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Tingkat keterampilan mengajar guru Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu termasuk pada kategori tinggi dengan capaian sebesar 75,05 (skala 100), Tingkat kebutuhan diri siswa kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu termasuk pada kategori tinggi dengan capaian sebesar 84,50 (skala 100), Tingkat minat belajar siswa kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu termasuk pada kategori sedang dengan capaian sebesar 66,07 (skala 100); (2) keterampilan mengajar guru tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa (P>0,005) (3) kebutuhan diri siswa tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap minat belajar (P>0,005), (4) keterampilan mengajar guru dan kebutuhan diri siswa tidak memiliki pengaruh yag signifikan terhadap minat belajar (P>0,005).
Full Text:
PDFReferences
Anastasia Sri Mendari. (2010). Aplikasi Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Penelitian Pendidikan. Hlm. 82-91.
Elisabeth B. Harlock (2003). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rienka Cipta.
E. Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
__________. (2013). Uji Kompetensi da Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Endang Astriyani. (2008). Keterampilan Mengajar Yang Bervariasi Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI di SMA Unggulan Nurul Islami Wonopolo Semarang. Laporan Penelitian. Institut Agama Islam Negeri.
Haryadi Sarjono & Winda Jullanta. (2011). SPSS vs LISREL Sebuah pengantar aplikasi untuk riset. Jakarta: Salemba Empat.
I.L. Pasaribu & B. Simandjuntak. (1982). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Icha. (2011). Faktor-faktor dan aspek-aspek minat. Diakses dari http://chatifanaima.blogspot.co.id/2011/11/faktor-faktor-dan-aspek-aspek-minat.html. Pada tanggal 22 Desember 2016, Jam 19.53 WIB.
J.J. Hasibuan & Moedijono. (2010). Proses Belajar Mengaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khizanah Al- Hikmah. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan. Vol 4, No 1, Hlm. 24-34.
Lilik Chaerul Yuswono, Martubi & Sukaswanto (2014). Profil Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Otomotif di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. Vol 22, No 2,Hlm. 174-183.
Lisa Wahyuni. (2015). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Siswa Kelas v SD Negeri Segugus 1 Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Yogyakarta.
Marita. (2011). Identifikasi kebutuhan belajar. Diakses dari http://catatanmerita43.blogspot.co.id/2011/05/identifikasi-kebutuhan-belajar.html. Pada tanggal 23 Januari 2016, Jam 13.09 WIB
Martinis Yamin & Maisah (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada (GP Press).
Meta Yunia. (2015). Pengaruh Keterampilan Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Jatibarang Kidul 05 Kabupaten Brebes. Penelitian Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
Momon Sudarma. (2013). Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Oemar hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Permendikbud No 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Permendikbud No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Saifuddin Azwar. (2003). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slameto. (2007). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
________. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, cetakan ketigabelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukaswanto. (2013). Mengefektifkan Peran Mahasiswa Peserta Pengajaran Mikro dalam Mensupervisi Pelaksanaan Pengajaran Mikro. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. Vol 21, No 3, Hlm. 238-245.
Suparman S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Suparman. (2014). Penigkatan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Eletronika Analog Dengan Pembelajaran Pbl. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Kejuruan. Vol 22, No 1 Hlm 84-88.
Suwarna dkk (2013). Modul Pelatihan Keterampilan Dasar Mengajar Teknik Instruksional. Yogyakarta:Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional Dan Sumber Belajar Lembaga Pengembangan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
_______ dkk (2006). Pengajaran mikro. Yogyakarta: Tiara Wicana
Triyono. (2013). Metodologi penelitian pendidikan dilengkapi dengan contoh proposal dan artikel untuk jutnal ilmiah. Yogyakarta: ombak.
Widhiarso. (2010). Uji linieritas hubungan. Diakses dari http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/Widhiarso%20%20Uji%20Linieritas%20Hubungan%202010.pdf. Pada tanggal 6 Maret 2017, jam 14.30.
Zainal Arifin (2014). Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosakdaya Offset.
Zulfa Akbar. (2012). Keterkaitan metode pembelajaran guru dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.