Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Pengalaman di Bidang Kewirausahaan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta

Nurdiana Nurdiana, , Indonesia
Didik Purwantoro, M.Eng, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar tingkat pengalaman praktik kerja industri, pengalaman di bidang kewirausahaan dan kesipan kerja siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta; (2) mengetahui pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa; (3) mengetahui pengaruh pengalaman di bidang kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa; (4) mengetahui pengaruh praktik kerja industri dan pengalaman di bidang kewirausahaan secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan Praktik Kerja Industri (X1) dan Pengalaman di bidang Kewirausahaan (X2) sebagai variabel bebas serta Kesiapan Kerja Siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian sebanyak 81 siswa dan sampel sebanyak 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) tingkat pengalaman praktik kerja industri siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rerata sebesar 68 dengan capaian 72,27%, tingkat pengalaman di bidang kewirausahaan siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata sebesar 58,53 dengan capaian 77,01% dan tingkat kesiapan kerja siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rerata sebesar 113,98 dengan capaian 74,99%; (2) praktik kerja industri siswa tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, tetapi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa di industri; (3) pengalaman di bidang kewirausahaan siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa; (4) praktik kerja industri dan pengalaman di bidang kewirausahaan siswa secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan sumbangan sebesar 34,8%.

Full Text:

PDF

References


Ayu Pangestuti. (2016). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Industri dan Prestasi Belajar Gambar Bangunan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem Yogyakarta. Skripsi. UNY.

BPS D.I. Yogyakarta. (2016). Keadaan Ketenagakerjaan D.I. Yogyakarta: Pada Agustus 2016 Tingkat Pengangguran Terbuka Sebesar 2,72 Persen. Diakses dari http://yogyakarta.bps.go.id/index.php/brs/428. Pada tanggal 18 November 2016, jam 11.35 WIB.

BPS Indonesia. (2016). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986-2016. Diakses dari https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/972. Pada tanggal 18 November 2016, jam 11.30 WIB.

Danang Sunyoto. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Daryanto dkk. (2015). Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan). Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. (1997). Keterampilan Menjelang 2020 untuk Era Global. Jakarta.

Depdiknas. (2003). UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Desti Widiyana. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) terhadap Peningkatan Hasil Belajar KKPI pada SIswa Kelas X SMK Negeri 1 Pedan. (Jurnal Thesis S1 UNY).

Dewa Ketut Sukardi. (1993). Bimbingan Karier di Sekolah-sekolah. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendika.

Dwi Sapitri Iriani dan Soeharto. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY (Vol 22, Nomor 3). Hlm. 274-290.

Eman Suherman. (2008). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Emilda Jusmin. (2012). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK di Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY (Vol 21, Nomor 1). Hlm. 46-59.

In Tri Wahyuni. (2015). Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Wonosari. Skripsi: UNY.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irwan Dwis Hasta Setiyawan. (2013). Pengaruh Prestasi Belajar Kejuruan dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Mikail Sahirul Alim. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Prestasi Belajar Kelompok Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan terhadap Kesiapan Berwirausaha sebagai Perencana Bangunan Siswa Kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Depok. Skripsi. UNY.

Mohammad Saroni. (2012). Mendidik & Melatih Entrepreneur Muda: Membuka Kesadaran Atas Pentingnya Kewirausahaan bagi Anak Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Munandir, (1996). Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Nuryadin, dkk. (2014). Model Pengembangan Kultur Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY (Vol 22, Nomor 2). Hlm. 191-199.

Nuur Wachid Abdul Majid. (2013). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Kompetensi TIK terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII SMKN 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. UNY.

Nyoman Dantes.(2012).Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Panduan Prakerin SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Purwanto. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rumdi Raharja. (2012). Nilai-nilai Budaya dalam Sastra Klasik. Skripsi. UPI.

Saeful Kamal. (2012). Pengertian Kurikulum dan Jenis Kegiatan Kurikuler. Diakses dari http://sawfadise.blogspot.co.id/2012/07/pengertian-kurikulum-dan-jenis-kegiatan.html. Pada tanggal 2 Februari 2017, jam 10.00 WIB.

Septian D. (2016). 68% Pekerja Produktif RI Cuma Lulusan SD dan SMP. Diakses dari http://bisnis.liputan6.com/read/2446663/68-pekerja-produktif-ri-cuma-lulusan-sd-dan-smp. Pada tanggal 18 November 2016, jam 11.00 WIB.

Struktur Kurikulum SMKN 3 Yogyakarta Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

. (2014). Metode Penelitian Administrasi, Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryana. (2014). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Sutrisno Hadi. (1994). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tim TAS FT UNY. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Tri Nurhayati. (2015). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Tri Widarwati. (2015). Pengaruh Prestasi Belajar Prakarya Kewirausahaan, Business Center dan Praktik Kerja Industri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Paket Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi: UNNES.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish.

Wardiman D. (1998). Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Depdikbud.

Widyabakti Sabatari dan V. Lilik Hariyanto. (2013). Upaya Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Potret Komitmen terhadap Standar Nasional Proses Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY (Vol 21, Nomor 3). Hlm. 285-293.

Yuyus Suryana dan Kartib Bayu. (2013). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Zamzam Zawawi Firdaus. (2012). Pengaruh Unit Produksi, Prakerin dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol 2, Nomor 3) hlm 397-409


Refbacks

  • There are currently no refbacks.