Pengembangan Job Sheet Mata Pelajaran Finishing Kompetensi Keahlian Kontruksi Kayu Kelas XI di SMK N 2 Pengasih

Malam Saptoro, , Indonesia
Ikhwanuddin S.T., M.T., , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini di rancang untuk: (1) Mengetahui spesifikasi job sheet mata pelajaran finishing kompetensi keahlian kontruksi kayu  pada semester ganjil untuk kelas XI di SMK Negeri 2 Pengasih. (2) Mengetahui kelayakan job sheet mata pelajaran finishing kompetensi keahlian kontruksi kayu pada semester ganjil untuk siswa kelas XI di SMK N 2 Pengasih menurut penilaian ahli materi, ahli media dan pengguna.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang di sesuaikan dengan model Thiagarajan yaitu 4D models. Subjek penelitian adalah dosen jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sebagai ahli media , guru mata pelajaran finishing kompetensi keahlian kontruksi kayu di SMK N 2 Pengasih sebagai ahli materi dan media serta siswa kelas XI Teknik Kontruksi Kayu SMK N 2 Pengasih sebagai pengguna job sheet. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Spesifikasi job sheet mata pelajaran finishing kompetensi keahlian kontruksi kayu pada semester ganjil untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Pengasih yaitu menghasilkan job sheet finishing kompetensi keahlian kontruksi kayu yang terdiri dari kompetensi dasar finishing kayu cat enamel, vernis dan politur, tujuan pembelajaran, teori pengantar, alat dan bahan, langkah kerja, keselamatan kerja, penilaian, serta untuk hasil akhir job sheet dicetak menggunakan kertas ukuran A4 jenis HVS 100 gram dengan ketebalan job sheet 31 halaman.   (2) Hasil uji kelayakan pengembangan job sheet mata pelajaran finishing kompetensi keahlian kontruksi kayu pada semester ganjil untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Pengasih menurut ahli materi masuk dalam kategori layak dengan persentase sebesar 81,25%, menurut ahli media masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase sebesar 93,06% dan menurut pengguna (siswa) masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase sebesar 86,88%.

References


Agus Sunaryo. (1997). Reka Oles Mebel Kayu. Semarang: Pendidikan Industri Kayu Atas.

Aliangga Kusuman., Mukkhidin., & Bachiar Hasan. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 23,No.1. Hlm. 29.

Anang Prasetyo. (2015). Pengembangan Job Sheet Teknik Kerja Bengkel Elektronika sebagai Media Pembelajaran Praktik Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Wonosari Gunung Kidul. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. rev.ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budi Martono. et. al. (2008). Teknik Perkayuan Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Departemen Pendidikan Nasional.

Gunawan Risdiyanto. (2015). Pengembangan Job Sheet Mata Diklat Pengelasan SMK Piri 1 Yogyakarta. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY

Gusti Bagus. (2012). Pengaruh Penggunaan Job Sheet Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Diklat Praktik Las Dasar di SMK Negeri 2 Klaten. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY.

Hartoyo. (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi Melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.18,No.1. Hlm. 64.

Martubi. (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.18, No.1. Hlm. 89.

Muhammad Fatori. (2013). Finishing Kontruksi Kayu Kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Muhammad Samkhan. (2013). Penerapan Job Sheet berbasis Assesment Checklist Mata Pelajaran Praktik Kerja Bangku untuk Meningkatkan Motivasi Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY

Ratna Tri. (2015). Pengembangan Job Sheet Praktikum Sistem Pengapian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Surakarta. UNS.

Santi Utami. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.22,No.4. Hlm. 425.

Sugihartono. et. al. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY.

Thiagarajan, Sivasailam. et. al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Tiwan. (2010). Penerapan Modul Pembelajaran Bahan Teknik sebagai upaya Peningkatan Proses Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.19, No.2. Hlm. 258.

Yuan Rido. (2016). Pengembangan Job Sheet sebagai Sumber Belajar Praktik Teknik Pengukuran Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY.

Yuliastanti. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII SMP Kota Yogyakarta. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.