Kajian Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan C3 Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Depok

Arif Maulana, , Indonesia
Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) tingkat kualitas perencanaan, (2) tingkat kualitas pelaksanaan, (3) tingkat kualitas evaluasi, dan (4) identifikasi kendala pengimplementasian pendidikan karakter ke dalam pembelajaran kelompok mata pelajaran kejuruan C3. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif evaluatif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa C3 Program Keahlian TGB di SMKN 2 Depok. Sampel guru menggunakan teknik purposive sampling. Sampel siswa diambil kelas XI TGB dan XII TGB. Pengumpulan data diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat kualitas perencanaan penddidikan karakter dengan skor 70% kategori “sangat baik”, (2) tingkat kualitas pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru dengan skor 80% kategori “sangat baik”, capaian karakter oleh siswa mendapat skor 49,3% kategori “sangat baik”, (3) tingkat kualitas evaluasi pendidikan karakter dengan skor 60% kategori “sangat baik”, dan (4) kendala pendidikan karakter diantaranya: karakter siswa yang berbeda-beda, tidak dipahaminya panduan pembelajaran karakter, padatnya materi dan terbatasnya waktu pembelajaran, dan integrasi ke dalam mata pelajaran sehingga pembimbingan dan monitoring karakter kurang terfokus.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Zainal dan Sujak. (2012). Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya

Dirjendikdas. (2011). Pendidikan Karakter untuk Membangun Karakter Bangsa. Policy Brief. Edisi 4 Juli 2011

Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka

Jaedun, Amat, dkk. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Kegiatan Pembelajaran pada SMK Jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. JPTK (Nomor 1 tahun 2012). Vol. 21.

Kesuma, Dharma, dkk. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik (Educating for Character). Bandung: Nusa Media

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto. (2010). Instrumen penelitian sosial dan pendidikan pengembangan dan pemanfaatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Tim Penyusun (2010). Grand Design Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas

Tim Penyusun. (2013). Peminatan Peserta Didik. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.