Kontribusi Prestasi Mata Pelajaran Produktif dan Praktik Kerja Industri terhadap Hasil Uji Kompetensi di SMK N 1 Pajangan Tahun Ajaran 2015/2016

Angga Kemalasari, , Indonesia
Prof. Slamet P.H., M.A., M.Ed, M.A, MLHR, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian yang diharapkan adalah mendeskripsikan: (1) profil prestasi mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Pajangan; (2) profil Prestasi praktik kerja industri di SMK Negeri 1 Pajangan; (3) profil hasil uji kompetensi kejuruan di SMK Negeri 1 Pajangan; menjelaskan (4) besar kontribusi prestasi mata pelajaran produktif terhadap hasil uji kompetensi di SMK Negeri 1 Pajangan; (5) besar kontribusi prestasi praktik kerja industri terhadap hasil uji kompetensi di SMK Negeri 1 Pajangan; dan (6) besar kontribusi prestasi mata pelajaran produktif dan praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap hasil uji kompetensi di SMK Negeri 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah sebagai variabel terikatnya. prestasi mata pelajaran produktif (X1), prestasi praktik kerja industri (X2) dan satu variabel terikat (Y) yaitu hasil uji kompetensi. sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Pajangan Tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 84 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi nilai raport 6 smester, nilai praktik kerja industri dan hasil uji kompetensi keahlian tahun ajaran 2015/2016. Uji hipotesis menggunakan korelasi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil prestasi mata pelajaran produktif SMK N 1 Pajangan termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 83,68 atau tuntas 100%; nilai tertinggi sebesar 89,11, nilai terendah sebesar 79,96; (2) Profil prestasi praktik kerja industri SMK N 1 Pajangan termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 83,58 atau tuntas 97,87%; nilai tertinggi sebesar 93,33, nilai terendah sebesar 72; (3) Profil hasil uji kompetensi SMK N 1 Pajangan termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 87,80 atau tuntas 100%; nilai tertinggi sebesar 94, nilai terendah sebesar 83,6; (4) Prestasi mata pelajaran produktif memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil uji kompetensi sebesar 21,73%; (5) prestasi praktik kerja industri memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil uji kompetensi sebesar 10,57%; dan (6) Prestasi mata pelajaran produktif dan praktik kerja industri secara bersama-sama memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil uji kompetensi sebesar 32,30%. Sesuai persamaan regresi Ŷ = 36,074 + 0,482X1+ 0,136X2

References


Akhmad Syaiful Adnan. (2015). Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik terhadap Prestasi Belajar Auto CAD Kelas XI Program Keahlian Gambar Bangunan di SMK N 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Abstak Hasil Penelitian UNY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Arif Cahyo purnomo. (2013). Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Program Produktif dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Tugas Akhir Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video di SMK N 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Abstrak Hasil Penelitian UNY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Ashari Erdianto. (2015). Pengaruh Praktik Kerja lapangan terhadap Nilai Uji Kompetensi Kejuruan Siswa Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK N 2 Depok. Skripsi. UNY

Goetsch,Davis. (2011). Mutu Sistem Pendidikan. Diakses pada http://www.poltas.ac.id/ pada tanggal 20 September 2016, pukul 18.26

http://www.kajianpustaka.com/2012/10/minat-belajar.html. Diunduh 20 September 2016, Pukul 18.17

Husaini Usman, Setiady Purnomo. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iriani dan Soeharto. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendikikan Teknologi dan Kejuruan. 22(III). Hlm. 274-290.

Martubi. (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan kejuruan. 18(I). Hlm. 85-102.

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Oemar Hamalik. (2001). Pengembangan SDM Manajemen Perlatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: PT Bumi aksara.

Putut Hargiyarto. (2010). Kesesuaian Materi Kegiatan Industri Mitra dengan Kompetensi Keahlian pada Program Praktik Industri Mahasiswa Jurdiknik Mesin Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 19(I). Hlm. 61-80.

Ratni Noor Faridah. (2015). Hubungan Motivasi Berprestasi, Pengalaman Prakerin, dan Prestasi Belajar dengan Hasil Uji Kompetensi Keahlian Pada Siswa Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan di SMK Se-Benua Enam, Kalimantan Selatan. Abstrak Hasil Penelitian Universitas Negeri Malang. Jawa timur: Lembaga Penelitian UM.

Retno Dwi Jayanti, Tri Sudarwanto. (2014). Pengaruh Pelaksanaan Praktek Kerja Industri terhadap Hasil Uji Kompetensi Keahlian Siswa Kelas XII TN SMK Negeri 2 Nganjuk. Abstrak Hasil Penelitian Universitas Negeri Surabaya. Jawa Timur: Lembaga Penelitian UNESA.

Saiful Bahri Djamrah. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti Nurul Aini. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Sarana praktik dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Patiseri SMK se-Gerbangkertasusila. Skripsi:. UNY

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudiyono Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Taufik Romadon. (2014). Pengaruh Praktek kerja Industri dan Motivasi Kerja Terhadap Hasil Uji Kompetensi Siswa SMK N 1 Sedayu. Skripsi: UNY

Tim Tugas Akhir Skripsi . (2013). Pedoman Penyusunan Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.

Winkel, (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.