Model Pembelajaran Pada Lembaga Pelatihan Kerja Di Yogyakarta (Studi Kasus Model Pembelajaran Di Lembaga Pelatihan Kerja Miami Fleet Yogyakarta)

Irwani Ninik Wijaya, , Indonesia
Drs. H. Suyitno HP, S.T, M.T., , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) hasil pelatihan dengan model pembelajaran yang diterapkan; (2) kualitas input pelatihan yang dihasilkan (3) pengaruh input pelatihan terhadap hasil pelatihan peserta didik; (4) pengaruh proses pembelajaran terhadap hasil pelatihan peserta didik; (5) pengaruh input pelatihan dan proses pembelajaran terhadap hasil pelatihan peserta didik; (6) model pembalajaran yang digunakan untuk menghasilkan calon Tenaga Kerja (TK) Profesional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pelatihan di Miami Fleet Yogyakarta adalah 34 peserta didik tuntas (77,27%) dan 10 peserta didik belum tuntas (22,73%); (2) kualitas input pelatihan yang dihasilkan sebesar 124,68 termasuk kategori sangat baik; (3) terdapat pengaruh positif input pelatihan terhadap hasil pelatihan peserta didik; (4) terdapat pengaruh positif proses pembelajaran terhadap hasil pelatihan peserta didik; (5) terdapat pengaruh yang positif input pelatihan dan proses pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil pelatihan peserta didik; (6) model pembelajaran yang digunakan Miami Fleet Yogyakarta adalah model pembelajaran Accelerated Learning.

Full Text:

PDF

References


Danang Sunyoto. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendika.

Husaini Usman, Setiady Purnomo. (2009). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.