Pemetaan Kemampuan Guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Mapel Kelompok Peminatan C2 di DIY dalam Merencanakan dan Melaksanakan Penilaian Otentik

Sidiq Nur Hidayat, , Indonesia
Dr. Amat Jaedun, M.Pd., , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat pemahaman guru terhadap konsep PO, (2) tingkat kemampuan guru dalam merencanakan PO, (3) tingkat kemampuan guru dalam melaksanakan PO, (4) fasilitasi dari pihak sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013, (5) fasilitasi dari pihak dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi/nasional dalam implementasi Kurikulum 2013. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah guru mapel kelompok peminatan C2 pada SMKN Program Keahlian Teknik Bangunan di DIY yang menjadi sekolah uji coba (piloting) dalam implementasi Kurikulum 2013 tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 19 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 11 orang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumen RPP. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas logis melalui expert judgement. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman guru terhadap konsep PO sesuai Kurikulum 2013 didapatkan nilai rerata sebesar 31,00 dari rentang 0–39,00 termasuk kategori “paham”, (2) tingkat pemahaman guru dalam merencanakan PO secara kuantitatif didapatkan nilai rerata sebesar 7,36 dari rentang 0–12,00 termasuk dalam artian “sudah menyusun sebagian dan tidak mengalami kesulitan”, tetapi secara kualitatif didapatkan nilai rerata sebesar 17,73 dari rentang 0–33,00 menunjukkan bahwa kemampuan nyata guru dalam merencanakan PO lebih rendah daripada pengakuannya pada angket, (3) tingkat kemampuan guru dalam melaksanakan PO didapatkan nilai rerata sebesar 26,38 dari rentang 0-45,00 sehingga masuk dalam artian “sudah melakukan sebagian penilaian otentik dan tidak mengalami kesulitan”, (4) fasilitasi dari pihak sekolah didapatkan nilai rerata sebesar 10,00 dari rentang 0–24,00 termasuk kategori “kurang memadai”, (5) fasilitasi dari pihak dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi/nasional didapatkan nilai rerata sebesar 4,91 dari rentang 0–9,00 termasuk kategori “cukup memadai”.

Full Text:

PDF

References


_______. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Basrowi dan Suwandi. (2009). Memahami Peneitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahlan, Ahmad. (2014). Pengertian Penilaian Otentik. Diakses dari http://www.eurekapendidikan.com/2014/11/pengertian-penilaian-otentik.html. Pada tanggal 12 Januari 2016, jam 16.02 WIB.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Harjanto. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Hendry. (2010). Uji Validitas dan Reliabilitas SPSS 15. Diakses dari https://teorionline.wordpress.com/category/tutorial-statistik/reliabilitas-dan-validitas/. Pada tanggal 8 Januari 2016, jam 15.50 WIB.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI No. 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan /Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta

Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI No. 70 tahun 2013 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta

Kusnendi. (2008). Model-Model Persamaan Struktural. Bandung : Alfabeta, p.94.

Nanang. (2013). Kurikulum 2013SMK (C2,C3). Diakses dari https://nanangcadd.wordpress.com/2013/10/28/kurikulum-2013-smk-c2-c3/. Pada tanggal 6 Januari 2016, jam 15.35 WIB.

Nuruzzaman, Muhammad. (2015). Faktor-faktor yang Menghambat Implementasi Kurikulum 2013 di SMKN 1 Seyegan Sleman Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Skripsi. FT-UNY.

Ritonga, Rahman. (1997). Statistika untuk Penelitian Psikologi dan Penelitian. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

TimUNY. (2013). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zulganef. 2006. Pemodelan Persamaan Struktur dan Aplikasinya menggunakan AMOS 5. Bandung : Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.