Perbedaan Tingkat Motivasi Belajar Konstruksi Bangunan Sebelum Dan Sesudah Menggunakan Media Pembelajaran Permainan Papan Kartu Soal Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK N 2 Wonosari

Rizki Kurniawan, , Indonesia
Drs. Agus Santoso, M.Pd., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bentuk media pembelajaran permainan papan kartu soal, mengetahui dampak media pembelajaran terhadap motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran konstruksi bangunan pada siswa kelas X jurusan teknik bangunan SMK N 2 Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Produk akhir penelitian ini berupa media pembelajaran permainan papan kartu soal yang dicetak dan digunakan secara berkelompok oleh 2-4 orang. Media ini terdiri dari tujuh komponen utama yang terdiri dari: papan gelaran, kartu soal, kartu jawaban, kartu bonus, bidak pemain, dadu, kunci jawaban. Media pembelajaran ini dinilai sangat layak oleh siswa sehingga media dapat digunakan dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


____________. (2008). Materi ke 4 Statistika I: Teknik Sampling

A.M, Sardiman. (2007) Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hamidah, Ida. et al. (2012). The Improvement of Students’ Conceptual Comprehension on Heat Transfer Through the Use of Femlab-based Interactive Multimedia. Journal of Thechnical Education and Training (JTET) Vol. 4, No. 1

Haryanto. (2010, 16 Juli). Pengertian Motivasi Belajar. Diperoleh 7 Januari 2015 17:46 WIB, dari http://belajarpsikologi.com/pengertian-motivasi-belajar/

Hendry. (2011, 24 Februari). Paired Sample T-test Uji Beda Dua Sampel Berpasangan. Diperoleh 15 Januari 2015 16:00 WIB, dari https://teorionline.wordpress.com/2011/02/24/paired-sample-t-test-uji-beda-dua-sampel-berpasangan/comment-page-1/

Idtesis. (2014, 23 Juni). Metode Pengumpulan Data Kuesioner Penelitian Kuantitatif. Diperoleh 30 Desember 2014 10:38 WIB, dari http://idtesis.com/metode-pengumpulan-data-kuesioner-penelitian-kuantitatif/

Ika Harlyan, Ledhyane. (2012). Uji Hipotesis Statistik. Dept. Fisheries and Marine Resource Management University of Brawijaya

Ilham. (2013, 6 April). Uji-t Dua Sampel. Diperoleh 15 Januari 2015 16:00 WIB, dari https://freelearningji.wordpress.com/2013/04/06/uji-t-dua-sampel/

Jaedun, Amat. (2012). Materi Kuliah: Penyusunan Proposal Penelitian. FT UNY

Kummara. (2011, 9 November). Kummara Pionir Board Game Indonesia. Diperoleh 23 Oktober 2014 20:05 WIB, dari http://kummara.com/media-coverage/kummara-pionir-board-game-indonesia

Londong, Dedy. (2011, 5 Oktober). Dasar Penentuan Jumlah Sample. Diperoleh 26 Februari 2015 13:15 WIB, dari http://dedylondong.blogspot.in/2011/10/dasar-penentuan-jumlah-sample.html

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Maknun, Johar, dkk. Analisis Kemahiran Generik yang Dikembangkan Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Topik Kinematika Partikel

Maknun, Johar, dkk. Pengembangan Materi Fisika Berorientasi pada Program Produktif Bidang Keahlian Teknik Bangunan (Kasus pada SMKN 5 Kota Bandung)

Makrufah, Zumrotul. (2011, 28 Oktober). Contoh Angket. Diperoleh 12Februari 2015 8:20 WIB, dari http://www.scribd.com/doc/70653970/contoh-angket

Mulyatingsih, Endang. (____). Pengembangan Model Pembelajaran.

Munir, Rinaldi. Bahan Kuliah II Probabilitas dan Statistik. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB

Rahayu, Sri. (2012, 6 November). Pembelajaran Kooperatif Metode Ular Tangga. Diperoleh 10 November 2014 09:25 WIB, dari http://sainssmp2ngawi.blogspot.com/2012/11/pembelajaran-kooperatif-metode-ular.html

Setiawan, Ebta. (2012). Motivasi. Diperoleh 13 Januari 2015 06:49 WIB, dari http://kbbi.web.id/motivasi

Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. PT Rajagrafindo Persadaa: Jakarta

Sudjana. (2005). Metoda Statistika.PT Tarsito: Bandung

Sudrajat, Akhmad. (2008, Agustus). Kata Kerja Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor. Diperoleh 5 Februari 2015 8:26 WIB dari https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2008/08/kata-kerja-ranah-kognitif-afektif-dan-psikomotor.pdf

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta The Changing of Motivation Supardi, dkk. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Gaung Persada Press: Jakarta

Supranto, J. (2008). Statistik Teori dan Aplikasi. Penerbit Erlangga: Jakarta

S. S. Arief, dkk. 2003. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Grafindo Persada

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A sourcebook. Indiana University

Wikipedia. (2014). Hipotesis. Diperoleh 12 Maret 2015 13:28 WIB, dari http://id.m.wikipedia.org/wiki/Hipotesis

Wikipedia. (2014). Ular Tangga. Diperoleh 10 November 2014 09.34 WIB, dari http://id.wikipedia.org/wiki/Ular_tangga

Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran, Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya

Zaifbio. (2012, 11 September). Motivasi Belajar. Diperoleh 7 Januari 2015, dari http://zaifbio.wordpress.com/tag/motivasi-belajar-adalah/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.