Pengaruh Minat Baca Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015

Prasetyo Nugroho, , Indonesia
Drs. Bada Haryadi, M.Pd.,

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui tingkat minat baca siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) mengetahui tingkat kebiasaan belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (3) mengetahui tingkat prestasi belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (4) mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (5) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015, (6) mengetahui pengaruh minat baca dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Pringsurat Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 65 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 55 orang ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) tingkat minat baca siswa termasuk tinggi (dengan modus sebesar 49,32%), (2) tingkat kebiasaan belajar siswa termasuk tinggi (dengan modus sebesar 46,15%, (3) tingkat prestasi belajar siswa termasuk rendah (dengan modus sebesar 58,46%, (4) minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan oleh nilai thitung (2,638) > ttabel (1,997) dengan nilai signifikan 0,011, (5) kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan oleh nilai thitung (4,032) > ttabel (1,997) dengan nilai signifikan 0,000, (6) minat baca dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien regresi X1 sebesar 0,261, koefisien regresi X2 sebesar 0,374, faktor determinasi sebesar 64,9%, dan nilai Fhitung (57,270) > Ftabel (3,145) dengan nilai signifikan 0,000.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Syaifuddin. (1996). Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Failasuf, Ashef Fiqo. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua Siswa, Kebiasaan Belajar dan Nilai UAN Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Teori Pemesinan Kelas 1 SMK Negeri 3 Yogyakarta dan SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta Tahun 2012/2013. Tugas Akhir Skripsi. UNY.

Hadi, Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan Ke 10. Bandung: Alfabeta.

Yuliani, Irma. (2012). Hubungan Minat Baca Buku IPS dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se Gugus 3 Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2011-2012. Tugas Akhir Skripsi. UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.