Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Mengajar Guru SMK Negeri Bidang Keahlian Teknik Bangunan Di Kabupaten Sleman

Marianus Jefri Moa, , Indonesia
Drs. Darmono, M.T., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi mengajar guru dalam penguasaan materi pelajaran, pengelolaan kelas, penggunaan metode mengajar, penggunaan media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI Bidang Keahlian Teknik SMKN 1 Seyegan dan SMKN 2 Depok sebanyak 314 orang. Sampel 174 orang, degan tingkat kepercayaan 95%. Teknik Sampling: Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan kuesioner.Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persepsi siswa tentang kompetensi mengajar guru secara umum berada dalam kategori baik,dimana 27,60% siswa menyatakan sangat baik; 67,20% baik; dan 5,20% kurang baik. Persepsi siswa dalam:(1) komptensi penguasaan materi pelajaran berada dalam kategori baik, dimana 35,51% siswa menyatakan sangat baik; 59,20% baik; 5,20% kurang baik; dan 0,6% tidak baik; (2)komptensi pengelolaan kelas berada dalam kategori baik,dimana 6,30% siswa menyatakan sangat baik; 51,70% baik; dan 42% kurang baik; (3)kompetensi penggunaan metode mengajar berada dalam kategori baik,dimana 31% siswa menyatakan sangat baik; 62,10% baik, dan 6,90%  kurang baik; (4)kompetensi penggunaan media pembelajaran berada dalam kategori sangat baik,dimana 52,90% siswa menyatakan sangat baik; 46,60% baik, dan 0,60% kurang baik; (5)kompetensi evaluasi pembelajaran berada dalam dalam kategori baik,dimana 6,90% menyatakan sangat baik; 57,50% baik; 35,10% kurang baik; dan 0,60% tidak baik.

Full Text:

PDF

References


Azwar, Z. (2011). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. DePorter Bobbi, Reardon, Mark & Singer, Sarah,

Nourle. (2000). Quantum Teaching.Memperaktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas (Ary

Nilasari. Terjemah). Bandung: Kafla.

Depdiknas.(2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Balitbang Depdiknas: Jakarta.

Hamzah B. Uno.(2007). Profesi Kependidikan (Problem, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moch Uzer Usman. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muhhibin Syah.(2010).Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E.,(2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik , dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana.(2002). Cara mengajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sadirman A.M. (2009). Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006).Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Tim Penyususn Panduan PPL. (2011). Panduan KKN-PPL. Yogyakarta: UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.