Pengembangan Media Penggambaran 3D Menggunakan Program ArchiCAD Pada Pelajaran Perangkat Lunak Untuk Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Depok Sleman

Rezza Calma Uniarvan, , Indonesia
Dr. Amat Jaedun, M.Pd., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk video tutorial pada mata pelajaran perangkat lunak dengan program ArchiCAD sesuai kompetensi dasar memodifikasi gambar obyek 3D menggunakan perangkat lunak. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMK Negeri 2 Depok Sleman dengan menggunakan metode 4D (four-D). Penelitian ini pada dasarnya dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu proses pendefinisan (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate).
            Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang diperoleh dari siswa kelas media. Selain itu juga dilakukan ujian pretest dan posttest untuk mengukur pengaruh penggunaan media dalam mendukung hasil belajar siswa dengan analisis gain score. Dalam penelitian ini diharapkan siswa mampu untuk membuat warna dan material baru, sehingga mampu membedakan warna seirama dan warna kontras.                                     

Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa video tutorial yang disajikan dalam video media pembelajaran. Video tersebut terdiri dari lima komponen utama, yaitu opening, intro, pendahuluan,  video, dan penutup. Penilaian oleh dosen ahli materi dan ahli media mendapatkan predikat “layak”. Penilaian oleh guru pembimbing mendapatkan predikat “sangat layak”. Penilaian oleh siswa mendapatkan predikat “sangat layak”. Analisis terhadap hasil pretest- posttest siswa menunjukkan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan gain score sebesar 0,67 masuk kategori tinggi

Full Text:

PDF

References


Agustin T. Maya. Dkk (2011). Makalah Media Pendidikan. Diakses dari http://www.academia.edu.documents/31939736/pengertian_media.docx. Pada tanggal 25 maret 2016, jam 10.25 WIB.

Arikunto, Suharsimi. 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta : Andi.

Cepi, Riyana. 2010. Modul 6 : Komponen-Komponen Pembelajaran. Jakarta

Cepi, Riyana.,Susilana, Rudi. 2009. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan penilaian. Bandung : Wacana Prima.

Chaeruman, Uweis A. (2007). Aspek Desain Pembelajaran, Makalah Seminar dan Tingkat Nasional Workshop Penyempurnaan Lomba Multimedia Pembelajaran

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fakultas Teknik. 2014. Buku Kurikulum Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Yogyakarta

Goodban. William T., Hayslett, Jack J., A.I.A. Gambar dan Perencanaan Arsitektur, Edisi Ketiga.Jakarta : Erlangga

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi, Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011, cet, 2

Lutfiyanta, Ahmad. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Dan Menggambar I. Skripsi S1. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Tata Busana, FT UNY

M. Suyanto (2005). Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi

Mubarok, Fajar. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan App Inventor pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian TGB SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi

Peraturan Nomor 29 Tahun 1990 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990.

Probowati, Inayah (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Mekanika Teknik Berbasis Animasi di SMK Teknik Gambar Bangunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi S1. Surakarta: FKIP UNS.

Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2001:726

Sadiman, A.S. (2013). Media Pendidikan: Pengeratian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Cv. Rajawali

Santyasa, I Wayan, (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Workshop Guru-Guru SMAN Banjarangkan Klungkung. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudjana, Nana dan Ahmad R. (2002). Tekhnologi Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. the process of acquiring knowl-edge.

Tjahyani, Busono., Krisnanto, Erna.2008. Modul Dasar-dasar Menggambar Bangunan. Jakarta : UPI

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education

Trianto, (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tunggul. Tri Cipto . 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Purworejo. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta :2013

Virdayana. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Bangunan (MTB) untuk Meningkatkan Efektifitas Hasil dan Proses Belajar. Skripsi S1. Surakarta: FKIP UNS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.