Pengembangan Video Animasi Pembuatan Gambar Interior Ruang Berbasis Sketchup pada Mata Pelajaran APLPIG Kelas XII DPIB SMK N 1 Pajangan
Satoto Endar Nayono, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Sketchup adalah salah satu aplikasi penunjang untuk menjadi juru gambar yang terampil dan berkompeten, namun faktanya masih terdapat peserta didik yang belum terampil dalam pengoperasiannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan video animasi pembuatan gambar interior ruang berbasis Sketchup pada mata pelajaran APLPIG Kelas XII DPIB SMK N 1 Pajangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (four-D). Tahapan dari model pengembangan 4D (four-D) yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pengambilan data yang digunakan menggunakan angket dengan lima skala Likert. Angket ini digunakan untuk validasi media oleh ahli media, validasi materi oleh ahli materi, penilaian calon pengguna oleh guru mata pelajaran APLPIG serta peserta didik kelas XII DPIB SMK N 1 Pajangan. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu pada tahap define telah dilakukan penentuan kebutuhan dalam proses pembelajaran pada materi menggambar tiga dimensi, media pembelajaran yang cocok yaitu video pembelajaran. Tahap design telah dilakukan pemilihan materi, pembuatan story board dan naskah, take video dengan aplikasi Ezvid, dan yang terakhir editing dengan aplikasi VN. Tahap develop dilakukan dengan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba pengembangan. Hasil dari validasi para ahli, guru, dan peserta didik menunjukkan bahwa video pembelajaran pembuatan gambar interior ruang berbasis Sketchup yang dihasilkan dikategorikan “sangat layak” dengan rincian: (1) Validasi oleh ahli materi memperoleh skor 97%. (2) Validasi oleh ahli media memperoleh skor 93%. (3) Penilaian oleh guru memperoleh skor 94%. (4) Penilaian oleh peserta didik memperoleh skor 89%. Tahap yang terakhir disseminate (penyebaran) dilakukan dengan memberikan link Google Drive , Youtube serta poster yang berisi QR Code link yang ditempel di kelas dan di lab komputer SMK N 1 Pajangan. Dari hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa video pembelajaran yang dihasilkan sangat layak untuk digunakan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.