Pengembangan Video Pemasangan Dinding Batu Bata Mata Pelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti
Suwartanti Suwartanti, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 55281, Indonesia, Indonesia
Abstract
Penggunaaan media pembelajaran berbasis video menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, jelas, efisien, dan fleksibel. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis video demonstrasi dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video demonstrasi yang layak digunakan. Metode yang digunakan peneliti yaitu Research and Development (R&D), dengan model yang dipaparkan oleh Thiagarajan yaitu model Four-D yangterdiri dari 4 tahapan pengembangan. Kelayakan produk diperoleh dari ahli media, ahli materi dan uji lapangan. Hasil penilaian yaitu sebagai berikut: validasi ahli materi 1 dengan tiga aspek penilaian, hasil tingkat kelayakan media yaitu sebesar 84 kategori “layak”, validasi ahli materi 2 dengan tiga aspek penilaian, hasil tingkat kelayakan media yaitu sebesar 87 kategori “sangat layak”, validasi ahli media dengan lima aspek penilaian, hasil tingkat kelayakan yaitu sebesar 80,7 kategori “layak”, dan uji lapangan dengan tiga aspek, dengan hasil tingkat kelayakan media yaitu sebesar 93,3 kategori “sangat layak”.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Direktorat Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Strategi Implementasi Revitalisasi SMK (10 Langkah Revitalisasi SMK). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Pemerintah. (1990). Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. Jakarta
Pratama, G.N.I.P., Hidayat, N., Wahyuni, I., (2020). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Micro Teaching Berbasis Viduk (Video Unjuk Kerja) pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT, UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 2 (1), 13-23
Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Refbacks
- There are currently no refbacks.