ANALISIS SOAL PILIHAN GANDA UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X JURUSAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Deny Astuti, , Indonesia
Drs. Suparman, M.Pd. Suparman, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas soal pilihan ganda Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran mekanika teknik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi.  Penelitian dilakukan dengan analisis instrumen dan analisis empiris. Analisis instrumen ditinjau dari penelaahan soal, dan pendistribusian tingkat berikir ranah kognitif. Analisis empiris ditinjau dari tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas butir, dan reliabilitas soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal memenuhi aspek materi sebesar 86,67%, aspek konstruksi sebesar 56,67%, dan aspek bahasa sebesar 86,67%. Distribusi tingkat berpikir ranah kognitif kategori C1 33,33%, C2 20%, C3 46,67%, C4 0%, C5 0%, dan C6 0%. Tingkat kesukaran soal kategori mudah 40%, sedang 33,33%, dan sukar 26,67%. Daya pembeda soal kategori baik 26,67%, cukup 36,67%, kurang baik 33,33%, dan tidak baik 3,33%. Efektivitas pengecoh sebesar 66,67% berfungsi baik, dan 33,33% tidak berfungsi baik. Validitas butir sebesar 66,67% soal dinyatakan valid, dan 33,33% tidak valid. Reliabilitas soal kategori kurang reliabel dengan koefisien korelasi sebesar 0,621.

References


Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemenristekdikti. (2017). Peraturan Pemerintah Nomor 19, Tahun 2017, tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Kuder, G.F. & Richardson, M.W. (1937). The Theory of The Estimation of Test Reliability. Jurnal Psychometrika. 2(3). Hlm. 151-160.

Kusaeri & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maenani, L. & Oktavia, R. (2015). Analisis Butir Soal Fisika Ulangan Umum Kenaikan Kelas X Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Berkala Fisika Indonesia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 7(1). Hlm. 5-11.

Siregar, T.P., Surya, E. & Syahputra, E. (2017). Quality Analysis of Multiple Choice Test and Clasical Test at X Grade Students of Senior High School. Jurnal IJARIIE University of Medan. 3(2). Hlm. 2153-2159.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susetyo, B. (2015). Prosedur Penyusunan & Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.