FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BETON KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Yasinta Aziz, , Indonesia
Drs. Suparman, M.Pd. Suparman, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor internal penyebab kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran konstruksi beton siswa kelas XI TKBB di SMKN 2 Klaten yang meliputi sikap, motivasi dan minat; (2) faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran konstruksi beton siswa kelas XI TKBB di SMKN 2 Klaten yang meliputi faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah sebagai berikut: indikator minat sebesar 37,2 % atau 26 siswa, indikator motivasi 42,9% atau 30 siswa, indikator sikap terhadap belajar sebesar 58,5 % atau 41 siswa. (2) Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah indikator keluarga sebesar 72,5 % atau 51 siswa, indikator sekolah sebesar 52,8 % atau 37 siswa, sedangkan indikator masyarakat sebesar 51,4% atau 36 siswa.


References


Anas Sudiyono. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Ahmadi dan Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2005) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang – Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.