PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Dzulfiqar Adam Ramadhan, , Indonesia
Nur Hidayat, S.Pd.T.,M.Pd., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui spesifikasi media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash mata pelajaran Konstruksi Bangunan dengan materi utilitas bangunan, (2) mengetahui kualitas kelayakan media pembelajaran interaktif tersebut berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan pengguna, dan (3) mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif tersebut terhadap hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model four-D (4D) dari Thiagarajan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal pretest posttest, sedangkan teknik analisis data menggunakan konversi skor skala lima dari Suartama dan anaisis gain score dari Hake.

Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 berisikan: (a) media mata pelajaran Konstruksi Bangunan dengan materi utilitas yang terdiri dari: (i) sistem plambing, (ii) pencegahan dan penanggulangan kebakaran, (iii) sistem pengelolaan sampah, dan (iv) pengkondisian udara, dan (b) evaluasi berupa 50 soal pilihan ganda yang terdiri dari 14 soal mudah, 24 soal sedang, dan 12 soal susah. (2) Hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, dan pengguna terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash yaitu: (a) penilaian ahli materi terhadap media dapat dikategorikan “layak” dengan persentase skor 77,89%; (b) penilaian ahli media dapat dikategorikan “layak” dengan persentase skor 82,67%; (c) penilaian guru mata pelajaran dapat dikategorikan “sangat layak” dengan persentase skor 90,83%; dan (d) penilaian siswa kelas X TKGSP dapat dikategorikan “sangat layak” dengan persentase skor 87,97%. (4) Media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash memberikan kenaikan hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan kenaikan hasil pretest dan posttest sebesar 64,3%.


References


Achmad Rafi’ud Darajat. (2015). Pengembangan Media Model Bangunan Tahan Gempa Sebagai Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung di SMK Negeri 1 Purworejo. SKRIPSI: UNY.

Ahmad Fahrurrozi Aziz. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Seyegan. SKRIPSI: UNY.

Ahmad Rifa’i Subagiyo. (2010). Perbedaan Pembelajaran Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1-Keperawatan Stikes Muhammadiyah Lamongan. Tesis. UNS.

Arief S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, W.R. dan Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

______. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Erwan Sutarno dan Mukhidin. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 21 Nomor 3. Hlm. 203 – 218.

Ghea. (2015). Kekurangan dan Kelebihan Microsoft Office Power Point dalam Edit dan Desain Gambar. Diakses dari http://gheazine.blogspot.co.id/2016/01/padadasarnya-ms.html/ pada 23 Oktober 2017, jam 23.40 WIB.

Hake, Richard R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Indiana University.

Hasrul. (2011). Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS3 pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Jurnal MEDTEK. Vol. 3 Nomor 2.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika]. Jember: Pena Salsabila.

I Kadek Suartama. (2011). Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Tesis. UNY.

Mahuda Alhar Zuhri. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komponen dan Penafsiran Gambar Kerja Instalasi Penerangan Bangunan Gedung di SMK Negeri 1 Sedayu. SKRIPSI: UNY.

Muhammad Munir. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 22 Nomor 2. Hlm. 184 – 190.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (1990). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru Bandung.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang Purniawan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Kebumen. SKRIPSI: UNY.

Nancy Angko dan Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal KWANGSAN. Vol. 1 Nomor 1. Hlm. 1 – 15.

Nurul Fitri. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Grafis (Gambar) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. SKRIPSI: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rivaldo Franca Paksi, dkk. (2014). Rancang Bangun Media Pengenalan Tata Surya. Jurnal Telematika. Vol. 7 Nomor 2. Hlm. 52 – 59.

Robert Siagian. (2014). Konstruksi Bangunan Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Romi Satria Wahono. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses dari http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/ pada 7 April 2017, jam 20.15 WIB.

Rudi Susilana & Cepi Riyana. (2009). Media pembelajaran. Bandung: Pustaka Pelajar.

Sofiyatul Hidayah, dkk. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktf dengan Aplikasi Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, dan Manfaat Pajak. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 11 Nomor 1. Hlm. 1 – 7.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukoco, dkk. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Angin. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 22 Nomor 2. Hlm. 215 – 226.

Thiagarajan, S; Semmel, D.S & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.