Pengaruh Motivasi Belajar dan Karakter Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Di SMK N 1 Magelang.
Drs. Amat Jaedun, M.Pd., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat motivasi belajar, karakter siswa dan hasil belajar; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar; (3) pengaruh karakter siswa terhadap hasil belajar; (4) pengaruh motivasi belajar dan karakter siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Sampel penelitian sebanyak 52 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling dari jumlah populasi sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) tingkat motivasi belajar termasuk dalam kategori baik dengan nilai rerata sebesar 76,02 dari skor maksimal 100, tingkat karakter siswa termasuk dalam kategori baik dengan nilai rerata sebesar 69,81 dari skor maksimal 100 dan tingkat hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tuntas dengan nilai rerata sebesar 76,63 dari skor maksimal 100; (2) motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan sumbangan efektif sebesar 35,44%; (3) karakter siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan sumbangan efektif sebesar 33,56%; (4) motivasi belajar dan karkater siswa secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan sumbangan efektif sebesar 69%.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agus Partawibawa, dkk. 2014. Peran Pembimbing Akademik Terhadap Pembentukan karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan teknologi dan Kejuruan. FT UNY. Vol. 22. No. 1.
Alex Sobur. 2011. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Amat Jaedun, dkk 2012. Implementasi Pendidikan Karakter terintegrasi dalam Kegiatan Pembelajaran pada SMK Jurusan Bangunan di Daerah istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan teknologi dan Kejuruan. FT UNY. Vol. 21. No. 1.
Dalyono. 1997. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://www.depdiknas.go.id. (01 Agustus 2017)
Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dwi Ayu Putri Novijayanti. 2015. “Implementasi penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sejarahkelas X di SMA N Pemalang”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmmu Sosial Unnes.
Dwi Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Erni Sulastri. 2011. “Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Unnes.
Farid Mahardika. 2013. Refleksi pelajar Akhir Tahun Pelajaran 2012-2013 diakses dari http://edukasi.kompasiana.com/2013/05/29/refleksi-pelajar-akhir-tahun-pelajaran-2012-2013-563839.html. (10 Agustus 2017).
Hery Triyogo. 2014. “Pengaruh lingkungan belajar dan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik computer dan jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Playen”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.
I Gusti Bagus Darmawan. 2016. “Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Menggambar bangunan SMK N 1 Seyegan”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.
Jamal Ma’mur Asmawi. 2011. Buku Panduan Interelasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.
Jamil Suprihatiningrum. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan pengembangan, Pusat kurikulum. 2011. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Nugroho Andhi Saputro. 2013. “Pengaruh perilaku guru dalam proses belajar mengajar terhadap karakter siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan SMK N 1 Magelang”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.
Nur Cahyo Aridhianto. 2015. “Analisis kondisi fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa kelas Atas Sekolah Dasar Se-gugus II Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Paryanto, 2014. Implementasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Proses Pemesinan Komplek Menggunakan Metode Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Pendidikan teknologi dan Kejuruan. FT UNY. Vol. 22. No. 1.
Rukiyati, dkk. 2013. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY Press.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soegeng & Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sugihartono. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: PT. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2015. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press.
Wasty Soemanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
________. 2005. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen . http://www.depdiknas.go.id. (01 Agustus 2017).
_______. 2007. Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. http://www.depdiknas.go.id. (01 Agustus 2017).
_______. 2007. Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Kepala Sekolah/Madrasah. http://www.depdiknas.go.id. (01 Agustus 2017).
_______. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_______. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_______. 2012. Teknik Ukuran Sampel Krecjie dan Morgan. http://lugik.blog.uns.ac.id/teknik-ukuran-sampel-krecjie-morgan.html. (13 Agustus 2017).
_______. 2013. Pembelajaran Normatif, Adaptif, dan Produktif SMK N 1 Lamongan. http://irine-ismajidah.blogspot.co.id/2013/03/pembelajaran-normatif-dan-adaptif-smk.html. (09 Agustus 2017).
Refbacks
- There are currently no refbacks.