PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pengembangan, kelayakan, dan
respon siswa dalam menggunakan multimedia pembelajaran menggambar ilustrasi di SMP N 2 Turi Sleman
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang
diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain
Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian.
Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Seni Budaya yaitu guru SMP N 2 Turi
Sleman Yogyakarta. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa Kelas VIII A SMP N 2 Turi
Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian berupa multimedia pembelajaran yang dikemas dengan menggunakan CD.
Multimdia ini dibuat dengan software Adobe Flash Professional CS 6 dan Corel Draw X7, kemudian tingkat
kelayakan media pembelajaran menggambar ilustrasi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli
materi, mendapat nilai 82%, sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dari ahli media mendapat nilai 79%,
sehingga termasuk kategori “sangat layak”, dan dari praktisi pembelajaran seni budaya mendapat nilai 79,30%,
sehingga termasuk kategori “sangat layak”. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata
menunjukkan respon positif dengan mendapatkan presentase ≥70% setiap indikatornya. Dengan demikian
multimedia pembelajaran gambar ilustrasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pengembangan, kelayakan, dan
respon siswa dalam menggunakan multimedia pembelajaran menggambar ilustrasi di SMP N 2 Turi Sleman
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang
diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain
Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian.
Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Seni Budaya yaitu guru SMP N 2 Turi
Sleman Yogyakarta. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa Kelas VIII A SMP N 2 Turi
Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian berupa multimedia pembelajaran yang dikemas dengan menggunakan CD.
Multimdia ini dibuat dengan software Adobe Flash Professional CS 6 dan Corel Draw X7, kemudian tingkat
kelayakan media pembelajaran menggambar ilustrasi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli
materi, mendapat nilai 82%, sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dari ahli media mendapat nilai 79%,
sehingga termasuk kategori “sangat layak”, dan dari praktisi pembelajaran seni budaya mendapat nilai 79,30%,
sehingga termasuk kategori “sangat layak”. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata
menunjukkan respon positif dengan mendapatkan presentase ≥70% setiap indikatornya. Dengan demikian
multimedia pembelajaran gambar ilustrasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.