ILUSTRASI KARTUN TARI TRADISIONAL INDONESIA PADA MEDIA T-SHIRT
Abstract
Abstrak
Perancangan ini bertujuan sebagai media sosialisasi dan konservasi tentang tari tradisional Indonesia yang
meliputi Tari Gong, Tari Hudoq, Tari Legong, Tari Merak, Tari Piring, Tari Saman, Tari Selamat Datang, Tari
Topeng Cirebon, Tari Tortor, Tari Kipas Pakarena, Tari Gandrung, dan Tari Serimpi, dengan konsep ilustrasi
kartun yang diaplikasikan pada T-Shirt beserta media pendukung dan media promosi yang efektif, efisien, kreatif,
dan komunikatif yang dapat menarik perhatian konsumennya. Proses perancangan visual desain T-Shirt ini melalui
tahap pengumpulan data, analisis data dengan menggunakan analisis SWOT dan dilanjutkan tahap visualisasi
desain. Perancangan desain T-Shirt diawali dengan sketsa kasar, kemudian proses inking dengan software Adobe
Illustrator, selanjutnya tahap finishing dengan komputer grafis yang juga menggunakan software Adobe
Illustrator. Visual desainT-Shirt yang disajikan meliputii lustrasi, headline dan subheadline. Desain yang dirancang
diharapkan dapat memenuhi kriteria selera konsumen usia 15-28 tahun sebagai target utama. Instrumen yang
digunakan dalam perancangan ini menggunakan pen tablet dan komputer grafis. Hasil perancangan berupa konsep
desain ilustrasi yang meliputi 12 desain ilustrasi T-Shirt bergaya kartun dengan tema tari tradisional Indonesia,
beserta kemasan/packaging, poster, web banner, dan brosur sebagai media pendukung promosi. Semua media yang
dirancang selanjutnya diserahkan kepada perusahaan Ngartun sebagai perusahaan yang memproduksi T-Shirt ini.
Perancangan ini bertujuan sebagai media sosialisasi dan konservasi tentang tari tradisional Indonesia yang
meliputi Tari Gong, Tari Hudoq, Tari Legong, Tari Merak, Tari Piring, Tari Saman, Tari Selamat Datang, Tari
Topeng Cirebon, Tari Tortor, Tari Kipas Pakarena, Tari Gandrung, dan Tari Serimpi, dengan konsep ilustrasi
kartun yang diaplikasikan pada T-Shirt beserta media pendukung dan media promosi yang efektif, efisien, kreatif,
dan komunikatif yang dapat menarik perhatian konsumennya. Proses perancangan visual desain T-Shirt ini melalui
tahap pengumpulan data, analisis data dengan menggunakan analisis SWOT dan dilanjutkan tahap visualisasi
desain. Perancangan desain T-Shirt diawali dengan sketsa kasar, kemudian proses inking dengan software Adobe
Illustrator, selanjutnya tahap finishing dengan komputer grafis yang juga menggunakan software Adobe
Illustrator. Visual desainT-Shirt yang disajikan meliputii lustrasi, headline dan subheadline. Desain yang dirancang
diharapkan dapat memenuhi kriteria selera konsumen usia 15-28 tahun sebagai target utama. Instrumen yang
digunakan dalam perancangan ini menggunakan pen tablet dan komputer grafis. Hasil perancangan berupa konsep
desain ilustrasi yang meliputi 12 desain ilustrasi T-Shirt bergaya kartun dengan tema tari tradisional Indonesia,
beserta kemasan/packaging, poster, web banner, dan brosur sebagai media pendukung promosi. Semua media yang
dirancang selanjutnya diserahkan kepada perusahaan Ngartun sebagai perusahaan yang memproduksi T-Shirt ini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.