UDUL DALAM BAHASA INDONESIA, BRANDINGJOY SANGGAR KREATIF SENI DAN PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Abstrak
Tujuan branding JOY Sanggar Kreatif art and character building untuk mendeskripsikan konsep serta
memvisualisasikan konsep pada seluruh media promosi JOY Sanggar Kreatif art and character building.Branding ini
dilakukan agar informasi tentang media promosi mampu tersampaikan ke masyarakat.Metode yang digunakan dalam
penciptaan branding adalah dengan melakukan eksplorasi tema, pengumpulan data, dan eksekusi. Eksplorasi tema
dilakukan untuk menentukan sasaran yang akan dibahas dalam branding yaitu logo, media promosi, karakter JOY dan
merchandise. Pengumpulan data dilakukan untuk mempermudah dalam pembuatan branding melalui observasi langsung
di sanggar, dokumentasi lingkungan sanggar, dan mengumpulkan materi sanggar. Sedangkan eksekusi karya dilakukan
dengan mengolah data yang diperoleh sebagai acuan dalam proses visualisasi branding. Hasil dari penciptaan karya ini
adalah: branding sanggar yang berkaitan dengan media promosi dan pengemasan sanggar dengan mengambil konsep
kegembiraan, kebahagiaan, dan keceriaan yang menggambarkan kegiatan peserta didik saat belajar di JOY Sanggar
Kreatif Proses visualisasi branding ini meliputi pembuatan logo, pembuatan sketsa, scanning, layout halaman,
pembuatan mascot sanggar, dan printing.Teknik yang digunakan menggunakan penggabungan dua teknik yaitu manual
dan digital. Hasil penciptaan berupa branding berjudul “JOY SANGGAR KREATIF ART AND CHARACTER
BUILDING” yang mem-brand sanggar pertama di Banjarnegara yang menggunakan unsur pendidikan karakter, Terdapat
13 pengaplikasian karya. Yang diantaranya logo,maskot, kop surat, kartu SPP, setempel, denah lokasi, pamflet pop-up,
brosur formulir pendaftaran, topi, id-card, seragam, art book, dan foto pop-up kegiatan outing class.
Tujuan branding JOY Sanggar Kreatif art and character building untuk mendeskripsikan konsep serta
memvisualisasikan konsep pada seluruh media promosi JOY Sanggar Kreatif art and character building.Branding ini
dilakukan agar informasi tentang media promosi mampu tersampaikan ke masyarakat.Metode yang digunakan dalam
penciptaan branding adalah dengan melakukan eksplorasi tema, pengumpulan data, dan eksekusi. Eksplorasi tema
dilakukan untuk menentukan sasaran yang akan dibahas dalam branding yaitu logo, media promosi, karakter JOY dan
merchandise. Pengumpulan data dilakukan untuk mempermudah dalam pembuatan branding melalui observasi langsung
di sanggar, dokumentasi lingkungan sanggar, dan mengumpulkan materi sanggar. Sedangkan eksekusi karya dilakukan
dengan mengolah data yang diperoleh sebagai acuan dalam proses visualisasi branding. Hasil dari penciptaan karya ini
adalah: branding sanggar yang berkaitan dengan media promosi dan pengemasan sanggar dengan mengambil konsep
kegembiraan, kebahagiaan, dan keceriaan yang menggambarkan kegiatan peserta didik saat belajar di JOY Sanggar
Kreatif Proses visualisasi branding ini meliputi pembuatan logo, pembuatan sketsa, scanning, layout halaman,
pembuatan mascot sanggar, dan printing.Teknik yang digunakan menggunakan penggabungan dua teknik yaitu manual
dan digital. Hasil penciptaan berupa branding berjudul “JOY SANGGAR KREATIF ART AND CHARACTER
BUILDING” yang mem-brand sanggar pertama di Banjarnegara yang menggunakan unsur pendidikan karakter, Terdapat
13 pengaplikasian karya. Yang diantaranya logo,maskot, kop surat, kartu SPP, setempel, denah lokasi, pamflet pop-up,
brosur formulir pendaftaran, topi, id-card, seragam, art book, dan foto pop-up kegiatan outing class.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.