UDUL DALAM BAHASA INDONESIA, BRANDINGJOY SANGGAR KREATIF SENI DAN PENDIDIKAN KARAKTER

David Hendriyanto,

Abstract


Abstrak
Tujuan  branding  JOY Sanggar Kreatif  art and character building  untuk mendeskripsikan konsep serta
memvisualisasikan konsep pada seluruh media promosi JOY Sanggar Kreatif  art and character building.Branding  ini
dilakukan agar informasi tentang media promosi mampu tersampaikan ke masyarakat.Metode yang digunakan dalam
penciptaan  branding  adalah dengan melakukan eksplorasi tema, pengumpulan data, dan eksekusi. Eksplorasi tema
dilakukan untuk menentukan sasaran yang akan dibahas dalam  branding yaitu  logo, media promosi, karakter JOY dan
merchandise. Pengumpulan data dilakukan untuk mempermudah dalam pembuatan branding melalui observasi langsung
di sanggar, dokumentasi lingkungan  sanggar, dan mengumpulkan materi sanggar. Sedangkan eksekusi karya dilakukan
dengan mengolah data yang diperoleh sebagai acuan dalam proses visualisasi branding. Hasil dari  penciptaan karya ini
adalah:  branding  sanggar yang berkaitan dengan media promosi dan pengemasan sanggar dengan mengambil konsep
kegembiraan, kebahagiaan, dan keceriaan yang menggambarkan kegiatan peserta didik saat belajar di JOY Sanggar
Kreatif    Proses visualisasi  branding  ini meliputi pembuatan  logo, pembuatan sketsa,  scanning,  layout  halaman,
pembuatan mascot sanggar, dan printing.Teknik yang digunakan menggunakan penggabungan dua teknik yaitu manual
dan digital. Hasil penciptaan berupa  branding  berjudul “JOY SANGGAR KREATIF  ART AND CHARACTER
BUILDING” yang mem-brand sanggar pertama di Banjarnegara yang menggunakan unsur pendidikan karakter, Terdapat
13 pengaplikasian karya. Yang diantaranya logo,maskot, kop surat, kartu SPP, setempel, denah lokasi, pamflet pop-up,
brosur formulir pendaftaran, topi, id-card, seragam, art book, dan foto pop-up kegiatan outing class.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.