PEMAHAMAN GURU TK DI DESA TRIMURTI TERHADAP KARAKTERISTIK GAMBAR ANAK-ANAK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru TK terhadap karakteristik gambar
anak di TK se-desa Trimurti, Srandakan Bantul Yogyakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru yang berada di sepuluh TK di desa Trimurti Srandakan
Bantul Yogyakarta yang berjumlah 54 guru. Sampel penelitian sebanyak 20 orang guru yang diambil dengan
menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jawaban guru-guru TK se-desa Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta
tentang pemahaman karakteristik gambar anak mayoritas menjawab tidak paham yaitu sebanyak 163 jawaban
(67,92%), sedangkan sisanya yaitu sebanyak 77 jawaban (32,08%) menjawab paham.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru TK terhadap karakteristik gambar
anak di TK se-desa Trimurti, Srandakan Bantul Yogyakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru yang berada di sepuluh TK di desa Trimurti Srandakan
Bantul Yogyakarta yang berjumlah 54 guru. Sampel penelitian sebanyak 20 orang guru yang diambil dengan
menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jawaban guru-guru TK se-desa Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta
tentang pemahaman karakteristik gambar anak mayoritas menjawab tidak paham yaitu sebanyak 163 jawaban
(67,92%), sedangkan sisanya yaitu sebanyak 77 jawaban (32,08%) menjawab paham.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.