PEMBELAJARAN MEWARNAI ANAK DOWN SYNDROME KELAS V SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran mewarnai untuk anak down syndrome di
kelas V SLB Negeri 1 Yogyakarta. Pembelajaran mewarnai ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan
pembelajaran di kelas, serta evaluasi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah pembelajaran mewarnai siswa down syndrome kelas V SLB Negeri 1 Yogyakarta.
Objek penelitian ini adalah kegiatan mewarnai yang dilakukan siswa down syndrome. Waktu penelitian tanggal
15 Maret 2016 hingga 28 Agustus 2016, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan
dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persiapan mewarnai yang dilakukan guru adalah menyiapkan media
kertas berisi gambar berupa buah, sayur, bunga, dan hewan yang siap diwarnai anak down syndrome (2)
pelaksanaan pembelajaran mewarnai dilakukan guru dengan mengarahkan anak mengenal bentuk serta memilih
warna yang disesuaikan dengan warna objek di kehidupan nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran mewarnai untuk anak down syndrome di
kelas V SLB Negeri 1 Yogyakarta. Pembelajaran mewarnai ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan
pembelajaran di kelas, serta evaluasi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah pembelajaran mewarnai siswa down syndrome kelas V SLB Negeri 1 Yogyakarta.
Objek penelitian ini adalah kegiatan mewarnai yang dilakukan siswa down syndrome. Waktu penelitian tanggal
15 Maret 2016 hingga 28 Agustus 2016, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan
dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persiapan mewarnai yang dilakukan guru adalah menyiapkan media
kertas berisi gambar berupa buah, sayur, bunga, dan hewan yang siap diwarnai anak down syndrome (2)
pelaksanaan pembelajaran mewarnai dilakukan guru dengan mengarahkan anak mengenal bentuk serta memilih
warna yang disesuaikan dengan warna objek di kehidupan nyata.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.