PERANCANGAN MEDIA PROMOSI INDUSTRI KERAJINAN “BAYU ROTAN” WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Awalia Rosdiana Afifah,

Abstract


Abstrak
Tujuan perancangan ini adalah merancang desain media promosi yang efektif, efisien dan
komunikatif untuk industri Kerajinan “Bayu Rotan” di Gunungkidul, Yogyakarta. Metode perancangan
meliputi proses pengumpulan  data  baik  data verbal maupun visual, menggunakan  teknik  pengumpulan
data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Selanjutnya analisis data menggunakan 9 P’s yaitu
Product, People, Price, Programming, Promotion, Potitioning, Place, Partnership, dan Packaging. Hasil
perancangan media promosi berupa konsep visual yang memadukan dua unsur yaitu alami dan modern.
Jenis media yang dibuat  antara lain  media utama (prime media)  dan media pendukung  (supporting
media). Media utama yang dihasilkan yaitu logo Industri Kerajinan “Bayu Rotan” yang diaplikasikan
pada media utama dan media pendukung, brosur dan billboard. Sedangkan media pendukung antara lain
stationery set (kop surat, amplop, kartu nama, nota pembayaran, label harga), seragam karyawan, poster,
x-banner, transit ad, stiker, gantungan kunci dan t-shirt.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.