PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK TULIS BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP N 5 SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep media pembelajaran batik tulis berbasis Android, dan
mengembangkan media pembelajaran batik tulis berbasis Android untuk siswa Kelas VIII SMP N 5 Sleman serta
mengetahui kelayakan media pembelajaran batik tulis berbasis Android berdasarkan penilaian ahli materi, ahli
media, praktisi pembelajaran Seni Budaya dan pendapat dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall
yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji
Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi
pembelajaran Seni Budaya yaitu guru SMP N 5 Sleman. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 siswa
Kelas VIII B SMP N 5 Sleman. Hasil penelitian berupa aplikasi berbasis Android bernama “Batikzania”
didalamnya terdapat fitur materi , fitur membatik , fitur permainan, serta fitur evaluasi. Aplikasi tersebut dibuat
dengan software Adobe Flash Professional CS 6, kemudian tingkat kelayakan media pembelajaran batik tulis
berbasis Android sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, mendapat nilai 94,44%,
sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dari ahli media mendapat nilai 90,21%, sehingga termasuk
kategori “sangat layak”, dan dari praktisi pembelajaran seni budaya mendapat nilai 91,94%, sehingga termasuk
kategori “sangat layak”. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan
respon positif dengan mendapatkan presentase ≥70% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran
batik tulis berbasis Android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep media pembelajaran batik tulis berbasis Android, dan
mengembangkan media pembelajaran batik tulis berbasis Android untuk siswa Kelas VIII SMP N 5 Sleman serta
mengetahui kelayakan media pembelajaran batik tulis berbasis Android berdasarkan penilaian ahli materi, ahli
media, praktisi pembelajaran Seni Budaya dan pendapat dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall
yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji
Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi
pembelajaran Seni Budaya yaitu guru SMP N 5 Sleman. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 siswa
Kelas VIII B SMP N 5 Sleman. Hasil penelitian berupa aplikasi berbasis Android bernama “Batikzania”
didalamnya terdapat fitur materi , fitur membatik , fitur permainan, serta fitur evaluasi. Aplikasi tersebut dibuat
dengan software Adobe Flash Professional CS 6, kemudian tingkat kelayakan media pembelajaran batik tulis
berbasis Android sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, mendapat nilai 94,44%,
sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dari ahli media mendapat nilai 90,21%, sehingga termasuk
kategori “sangat layak”, dan dari praktisi pembelajaran seni budaya mendapat nilai 91,94%, sehingga termasuk
kategori “sangat layak”. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan
respon positif dengan mendapatkan presentase ≥70% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran
batik tulis berbasis Android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.