PERANCANGAN IKON DAN MEDIA PROMOSI WISATA PANTAI TELENG RIA PACITAN – JAWA TIMUR
Abstract
Abstrak
Perancangan ikon wisata pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur yang diterapkan pada media promosi ini
bertujuan untuk lebih mengenalkan objek wisata Pantai Teleng Ria kepada masyarakat luas. Objek wisata pantai
Teleng Ria belum mempunyai desain ikon dan juga belum mempunyai media promosi formal, serta diharapkan
dapat meningkatkan wisatawan di objek wisata pantai Teleng Ria diantaranya dermaga wisata, pemecah ombak,
wahana air, selancar, jetsky, dan yang terbaru adalah banana boat. Letak objek wisata pantai Teleng Ria tidak jauh
dari pusat kota Pacitan, jaraknya kurang lebih 3 kilometer atau jika di tempuh dengan kendaraan bermotor kira –
kira 10 menit saja.Proses perancangan ikon yang diterapkan pada media promosi ini melalui tahap pengumpulan
data, analisis data dengan menggunakan analisis SWOT dan dilanjutkan tahap visualisasi desain. Proses
perancangan mengacu pada kreatifitas dan kemampuan dalam menyajikan gagasan baru yang melalui tahapan
proses membuat layout gagasan, layout kasar, dan layout lengkap. Instrumen dalam pembuatan karya diantaranya
berupa perangkat manual misalnya: pensil, kertas dan penghapus. Selain itu juga menggunakan perangkat komputer,
digital camera dan scanner.Hasil dari perancangan ikon wisata yang diterapkan pada media promosi ini berupa
media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Media utama yang digunakan adalah banner
dengan ukuran 7 x 4 meter, sedangkan media pendukung adalah berupa poster, kaos, topi, jam dinding, mug,
gantungan kunci, pin, stiker, sign system, tiket dan kalender. Konsep perancangan ikon wisata pantai Teleng Ria ini
adalah ikan tuna yang menjadi mayoritas penghasilan nelayan yang ada di pantai Teleng Ria. Target audiens dari
perancangan ikon ini adalah untuk semua kalangan wisatawan baik dari kota Pacitan maupun wisatawan dari daerah
lain.
Perancangan ikon wisata pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur yang diterapkan pada media promosi ini
bertujuan untuk lebih mengenalkan objek wisata Pantai Teleng Ria kepada masyarakat luas. Objek wisata pantai
Teleng Ria belum mempunyai desain ikon dan juga belum mempunyai media promosi formal, serta diharapkan
dapat meningkatkan wisatawan di objek wisata pantai Teleng Ria diantaranya dermaga wisata, pemecah ombak,
wahana air, selancar, jetsky, dan yang terbaru adalah banana boat. Letak objek wisata pantai Teleng Ria tidak jauh
dari pusat kota Pacitan, jaraknya kurang lebih 3 kilometer atau jika di tempuh dengan kendaraan bermotor kira –
kira 10 menit saja.Proses perancangan ikon yang diterapkan pada media promosi ini melalui tahap pengumpulan
data, analisis data dengan menggunakan analisis SWOT dan dilanjutkan tahap visualisasi desain. Proses
perancangan mengacu pada kreatifitas dan kemampuan dalam menyajikan gagasan baru yang melalui tahapan
proses membuat layout gagasan, layout kasar, dan layout lengkap. Instrumen dalam pembuatan karya diantaranya
berupa perangkat manual misalnya: pensil, kertas dan penghapus. Selain itu juga menggunakan perangkat komputer,
digital camera dan scanner.Hasil dari perancangan ikon wisata yang diterapkan pada media promosi ini berupa
media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Media utama yang digunakan adalah banner
dengan ukuran 7 x 4 meter, sedangkan media pendukung adalah berupa poster, kaos, topi, jam dinding, mug,
gantungan kunci, pin, stiker, sign system, tiket dan kalender. Konsep perancangan ikon wisata pantai Teleng Ria ini
adalah ikan tuna yang menjadi mayoritas penghasilan nelayan yang ada di pantai Teleng Ria. Target audiens dari
perancangan ikon ini adalah untuk semua kalangan wisatawan baik dari kota Pacitan maupun wisatawan dari daerah
lain.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.