PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GAMBAR DEKORATIF MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 3 MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Rizta Noor Annisa,

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan/  research and development  (R&D) dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk
mengembangkan modul  lengkap  (self  contained)  tentang motif dekoratif yang  layak, yaitu memenuhi unsur karakteristik
modul,  kelengkapan  komponen  modul,  unsur-unsur  grafis,  dan  elemen  mutu  modul  untuk  kelas V SD. Data berupa
deskripsi materi modul gambar dekoratif. Dikumpulkan melalui studi pustaka dan di  trianggulasi oleh ahli materi Dosen
Ornamen  Pendidikan  Seni  Rupa,  dari  Universitas  Negeri  Yogyakarta.  Hasil penelitian menunjukkan modul gambar
dekoratif diterima oleh siswa SD Negeri 3 Muntilan berisi materi bentuk dasar gambar dekoratif, tahap deformasi, stilasi,
dan mengapresiasi keunikan motif dekoratif Nusantara. Aspek pembelajaran, materi, tampilan, dan struktur modul diterima
siswa dengan menunjukkan nilai  rata-rata  89,197%. Kesimpulan modul dapat digunakan dan dilakukan kelayakan
pemanfaatannya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.