PEMBELAJARAN MELUKIS PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL

Arum Nazurahaini,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran melukis dan hasil karya lukisan
peserta didik Sekolah Dasar Sanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Bantul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah
pembelajaran melukis dan hasil karya lukisan peserta didik. Subjek penelitian adalah 12 orang peserta didik Sekolah Dasar
SALAM. Teknik untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun
langkah-langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan : 1) Persiapan pembelajaran meliputi rencana belajar  yang disusun oleh fasilitator. Kurikulum yang
digunakan adalah Kurikulum SALAM. Pembelajaran menggunakan metode mencipta bebas dan metode pemberian
motivasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan pada hari Kamis  pada  pukul 13.00-15.00 WIB di ruang kelas TA.
Kegiatan awal dilakukan dengan berdoa dan bernyanyi bersama, kegiatan inti fasilitator mempersilahkan peserta didik
untuk melukis, kegiatan penutup dengan evaluasi ringan terhadap hasil karya lukisan peserta didik, 3) Hasil karya lukisan
peserta didik memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing sesuai karakter dan fase perkembangan usianya. Sebagian
besar dari peserta melukis adalah peserta didik periode kelas rendah yaitu rentan usia antara 6 atau 7 tahun sampai 9 tahun
yang secara umum memiliki karakteristik senang belajar sambil bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam
kelompok, serta senang merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung. Terlihat pada hasil karya lukisan peserta didik
yang spontan dan ekspresif.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.