PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI LUKIS MIXED MEDIA DI KELOMPOK B TK ABA KARANGMALANG YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler seni lukis mixed media di TK ABA
Karangmalang Yogyakarta, ditinjau dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Subjek penelitian
adalah Kepala Sekolah, guru, dan karya anak TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah pembelajaran seni
lukis mixed media di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Teknik untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Persiapan pembelajaran meliputi, Program Semester, Rencana Kegiatan
Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Kurikulum yang digunakan TK ABA Karangmalang Yogyakarta tahun
ajaran 2015/2016 adalah kurikulum 2010. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kelompok dengan berbagai metode,
yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode imitasi. (2) Pelaksanaan pembelajaran, pertama
dengan membagi anak-anak ke dalam beberapa kelompok. Kedua guru menyiapkan alat dan bahan untuk berkarya. Ketiga guru
menyampaikan langkah-langkah praktik. Keempat anak-anak praktik berkarya seni lukis mixed media. (3) Evaluasi hasil
pembelajaran ekstrakurikuler seni lukis mixed media berupa penilaian dengan pemberian bintang 1 sampai 4. . Hasil karya anak
berjumlah 26 buah dan sebagian besar mendapatkan bintang lebih dari 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler seni lukis mixed media di TK ABA
Karangmalang Yogyakarta, ditinjau dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Subjek penelitian
adalah Kepala Sekolah, guru, dan karya anak TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah pembelajaran seni
lukis mixed media di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Teknik untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Persiapan pembelajaran meliputi, Program Semester, Rencana Kegiatan
Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Kurikulum yang digunakan TK ABA Karangmalang Yogyakarta tahun
ajaran 2015/2016 adalah kurikulum 2010. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kelompok dengan berbagai metode,
yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode imitasi. (2) Pelaksanaan pembelajaran, pertama
dengan membagi anak-anak ke dalam beberapa kelompok. Kedua guru menyiapkan alat dan bahan untuk berkarya. Ketiga guru
menyampaikan langkah-langkah praktik. Keempat anak-anak praktik berkarya seni lukis mixed media. (3) Evaluasi hasil
pembelajaran ekstrakurikuler seni lukis mixed media berupa penilaian dengan pemberian bintang 1 sampai 4. . Hasil karya anak
berjumlah 26 buah dan sebagian besar mendapatkan bintang lebih dari 2.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.