ANALISIS GEJALA STEREOTYPE PADA LUKISAN ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gejala stereotype yang ada pada anak sekolah dasar di Kecamatan
Binangun Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan empat
tahapan penyajian yaitu deskripsi, analisis formal, interpretasi dan evaluasi. Data diperoleh dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga macam gejala stereotype pada anak
sekolah dasar kelas 4-5-6 di Kecamatan Binangun yaitu: (1) gejala Stereotype total yaitu perulangan semua bentuk
yang ada pada lukisan pertama ke lukisan kedua, (2) gejala Stereotype objek merupakan perulangan bentuk tertentu
pada suatu lukisan, (3) gejala stereotype unsur dimana anak memaksakan mengulang suatu bentuk tidak pada
tempatnya atau mengulang bentuk bebas. Gejala Stereotype muncul karena dua faktor yaitu faktor Intrinsik (dari
dalam siswa) dan faktor Ekstrinsik (faktor dari luar).
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gejala stereotype yang ada pada anak sekolah dasar di Kecamatan
Binangun Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan empat
tahapan penyajian yaitu deskripsi, analisis formal, interpretasi dan evaluasi. Data diperoleh dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga macam gejala stereotype pada anak
sekolah dasar kelas 4-5-6 di Kecamatan Binangun yaitu: (1) gejala Stereotype total yaitu perulangan semua bentuk
yang ada pada lukisan pertama ke lukisan kedua, (2) gejala Stereotype objek merupakan perulangan bentuk tertentu
pada suatu lukisan, (3) gejala stereotype unsur dimana anak memaksakan mengulang suatu bentuk tidak pada
tempatnya atau mengulang bentuk bebas. Gejala Stereotype muncul karena dua faktor yaitu faktor Intrinsik (dari
dalam siswa) dan faktor Ekstrinsik (faktor dari luar).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.