TEMPLELAPSE : THE PROMOTIONAL VIDEO OF THE CULTURAL HERITAGE SITE OF PRAMBANAN TEMPLE AND RATU BOKO
Abstract
ABSTRAK
Penulisan laporan Tugas Akhir Karya Seni berjudul Templelapse : Video Promosi Candi Kawasan
Cagar Budaya Prambanan dan Ratu Boko ini, bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan menghasilkan
produk berupa video promosi candi sebagai brading yang efektif, kreatif, dan komunikatif, untuk
mempromosikan gugusan percandian di Kawasan Cagar Budaya Prambanan dan Ratu Boko. Penciptaan
karya dilakukan melalui tahapan pengumpulan data (verbal dan visual) dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik SWOT (Strengths, Weakness,
Opportunities, and Threats). Media utama berupa video promosi dibuat melalui tahapan persiapan, pra
produksi, produksi, dan paska produksi. Media pendukung dirancang melalui tahapan pembuatan layout
gagasan, layout kasar dan layout komprehensif. Instrumen yang digunakan adalah,kamera DSLR,
komputer, dan lainnya. Sedangkan software yang digunakan berupa Adobe Premiere, Photoshop, dan
Corel Draw. Hasil penciptaan karya Templelapse berupa video promosi candi berdurasi pendek 3 menit
20 detik mengangkat tema tentang branding situs pecandian melalui fotografi timelapse.
Penulisan laporan Tugas Akhir Karya Seni berjudul Templelapse : Video Promosi Candi Kawasan
Cagar Budaya Prambanan dan Ratu Boko ini, bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan menghasilkan
produk berupa video promosi candi sebagai brading yang efektif, kreatif, dan komunikatif, untuk
mempromosikan gugusan percandian di Kawasan Cagar Budaya Prambanan dan Ratu Boko. Penciptaan
karya dilakukan melalui tahapan pengumpulan data (verbal dan visual) dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik SWOT (Strengths, Weakness,
Opportunities, and Threats). Media utama berupa video promosi dibuat melalui tahapan persiapan, pra
produksi, produksi, dan paska produksi. Media pendukung dirancang melalui tahapan pembuatan layout
gagasan, layout kasar dan layout komprehensif. Instrumen yang digunakan adalah,kamera DSLR,
komputer, dan lainnya. Sedangkan software yang digunakan berupa Adobe Premiere, Photoshop, dan
Corel Draw. Hasil penciptaan karya Templelapse berupa video promosi candi berdurasi pendek 3 menit
20 detik mengangkat tema tentang branding situs pecandian melalui fotografi timelapse.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.