PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk pembelajaran pendidikan karakter berupa buku
cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data primer berupa deskripsi hasil angket, data
sekunder berupa kajian pustaka, proses pembuatan media buku cerita bergambar, dan menghasilkan buku cerita
bergambar pendidikan karakter tanggung jawab untuk peserta didik SD yang layak.
Pengembangan media dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan 3
langkah pokok penelitian, yaitu: Pertama, Analisis potensi masalah yang mencakup karakteristik peserta didik
Sekolah Dasar dan kebutuhan produk berupa materi. Kedua, Perancangan produk melalui tahap pembuatan tema,
pembuatan story board, desain karakter, ilustrasi, penyusunan buku cerita bergambar, validasi desain, revisi desain.
Ketiga, uji coba produk terhadap peserta didik kelas 2.
Hasil penelitian berupa buku cerita bergambar yang berisi materi pendidikan karakter tanggung jawab ini
telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan reviewer (Guru SD kelas 2) dan dinyatakan layak.
Buku pendidikan karakter tanggung jawab telah diuji cobakan kepada peserta didik Sekolah Dasar kelas 2 dan
peserta didik mampu memahami materi pendidikan karakter dengan baik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk pembelajaran pendidikan karakter berupa buku
cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data primer berupa deskripsi hasil angket, data
sekunder berupa kajian pustaka, proses pembuatan media buku cerita bergambar, dan menghasilkan buku cerita
bergambar pendidikan karakter tanggung jawab untuk peserta didik SD yang layak.
Pengembangan media dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan 3
langkah pokok penelitian, yaitu: Pertama, Analisis potensi masalah yang mencakup karakteristik peserta didik
Sekolah Dasar dan kebutuhan produk berupa materi. Kedua, Perancangan produk melalui tahap pembuatan tema,
pembuatan story board, desain karakter, ilustrasi, penyusunan buku cerita bergambar, validasi desain, revisi desain.
Ketiga, uji coba produk terhadap peserta didik kelas 2.
Hasil penelitian berupa buku cerita bergambar yang berisi materi pendidikan karakter tanggung jawab ini
telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan reviewer (Guru SD kelas 2) dan dinyatakan layak.
Buku pendidikan karakter tanggung jawab telah diuji cobakan kepada peserta didik Sekolah Dasar kelas 2 dan
peserta didik mampu memahami materi pendidikan karakter dengan baik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.