PEMBELAJARAN SENI RUPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMPN 5 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran
seni rupa materi seni grafis dengan pendekatan saintifik di kelas IX A SMP Negeri 5 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik mata pelajaran grafis sudah dilaksanakan
mulai dari persipan, pelaksanaan dan penilaian. Persiapan yg dibuat RPP, media pembelajaran serta
alat dan bahan. Pada tahap mengamati, peserta didik membaca buku dan mengamati video. Pada tahap
menanya peserta didik membuat pertanyaan dari materi yang belum dikuasai. Pada tahap mencoba
peserta didik mencoba alat berkarya seni grafis, pada tahap menalar peserta didik mencari informasi
dan berdiskusi. Tahap mencipta, peserta didik mempraktekan cara membuat karya seni grafis.
Sedangkan pada tahap mengkomunikasikan belum sampai pada tahap mempresentasikan, tetapi
peserta didik membuat media presentasi berupa video. Pelaksanaan pembelajaran belum semua sesuai
dengan pembelajaran saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, mencipta dan
mengkomunikasikan. Pada penilaian hasil pembelajaran dilakukan pada tiga aspek yaitu sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian sikap,
hasil karya siswa dan penilaian pengetahuan berupa tes tulis.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran
seni rupa materi seni grafis dengan pendekatan saintifik di kelas IX A SMP Negeri 5 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik mata pelajaran grafis sudah dilaksanakan
mulai dari persipan, pelaksanaan dan penilaian. Persiapan yg dibuat RPP, media pembelajaran serta
alat dan bahan. Pada tahap mengamati, peserta didik membaca buku dan mengamati video. Pada tahap
menanya peserta didik membuat pertanyaan dari materi yang belum dikuasai. Pada tahap mencoba
peserta didik mencoba alat berkarya seni grafis, pada tahap menalar peserta didik mencari informasi
dan berdiskusi. Tahap mencipta, peserta didik mempraktekan cara membuat karya seni grafis.
Sedangkan pada tahap mengkomunikasikan belum sampai pada tahap mempresentasikan, tetapi
peserta didik membuat media presentasi berupa video. Pelaksanaan pembelajaran belum semua sesuai
dengan pembelajaran saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, mencipta dan
mengkomunikasikan. Pada penilaian hasil pembelajaran dilakukan pada tiga aspek yaitu sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian sikap,
hasil karya siswa dan penilaian pengetahuan berupa tes tulis.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.