MODUL PEMBELAJARAN RAGAM HIAS TAPIS UNTUK KELAS VII SMPN 2 TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT LAMPUNG
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan/Research and Development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan materi dan
modul pembelajaran tentang ragam hias tapis pada siswa kelas VII SMP N 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat
Lampung.
Tahapan utama pada penelitian ini terdiri dari : (1) pemilihan dan pengembangan materi pembelajaran, (2)
pengembangan dan pembuatan modul pembelajaran dan (3) uji coba kelayakan modul. Pemilihan dan
pengembangan materi dilakukan setelah melakukan obervasi, wawancara serta dokumentasi di lapangan. Analisis
terhadap Kompetensi Dasar pada silabus menghasikan temuan berupa materi ragam hias tapis yang cukup luas dan
sulit dipelajari peserta didik. Sehingga perlu diperkecil cakupannya agar lebih mudah dipelajari dan tidak
meninggalkan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran.
Hasil penelitian berupa modul pembelajaran ragam hias tapis yang berisikan konsep atau pengertian, jenis, prinsip,
unsur, prosedur, teknik dalam menggambar ragam hias tapis dan evaluasi. Modul tersebut telah dinyatakan valid
atau layak oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan diuji cobakan kepada peserta didik kelas VII.
Tahap uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba terbatas sebanyak 10 orang dan uji coba luas sebanyak
30 orang. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat Lampung.
Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul
pembelajaran ragam hias tapis untuk kelas VII SMPN 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat Lampung secara
keseluruhan dikatakan layak.
Penelitian pengembangan/Research and Development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan materi dan
modul pembelajaran tentang ragam hias tapis pada siswa kelas VII SMP N 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat
Lampung.
Tahapan utama pada penelitian ini terdiri dari : (1) pemilihan dan pengembangan materi pembelajaran, (2)
pengembangan dan pembuatan modul pembelajaran dan (3) uji coba kelayakan modul. Pemilihan dan
pengembangan materi dilakukan setelah melakukan obervasi, wawancara serta dokumentasi di lapangan. Analisis
terhadap Kompetensi Dasar pada silabus menghasikan temuan berupa materi ragam hias tapis yang cukup luas dan
sulit dipelajari peserta didik. Sehingga perlu diperkecil cakupannya agar lebih mudah dipelajari dan tidak
meninggalkan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran.
Hasil penelitian berupa modul pembelajaran ragam hias tapis yang berisikan konsep atau pengertian, jenis, prinsip,
unsur, prosedur, teknik dalam menggambar ragam hias tapis dan evaluasi. Modul tersebut telah dinyatakan valid
atau layak oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan diuji cobakan kepada peserta didik kelas VII.
Tahap uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba terbatas sebanyak 10 orang dan uji coba luas sebanyak
30 orang. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat Lampung.
Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul
pembelajaran ragam hias tapis untuk kelas VII SMPN 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat Lampung secara
keseluruhan dikatakan layak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.