MENGGAMBAR ORNAMEN DI LUAR RUANG DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMPN 1 SEMANU
Abstract
Abstrak
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran di
luar ruang dengan pendekatan saintifik, dengan kemampuan menggambar ornamen siswa kelas VII SMP Negeri
1 Semanu. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa. Objek material penelitian ini adalah hasil karya gambar
ornamen, objek formal adalah respon perilaku siswa yang muncul saat pembelajaran di luar ruang dengan
pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan mengenai perilaku positif siswa
saat proses pembelajaran (1) meningkatnya kemampuan siswa dalam menggambar motif ornamen (2) gambar
ornamen siswa bervariasi setelah pelaksanaan pembelajaran luar ruang karena mendapat pengalaman belajar
lebih bermakna yang dialami secara langsung.
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran di
luar ruang dengan pendekatan saintifik, dengan kemampuan menggambar ornamen siswa kelas VII SMP Negeri
1 Semanu. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa. Objek material penelitian ini adalah hasil karya gambar
ornamen, objek formal adalah respon perilaku siswa yang muncul saat pembelajaran di luar ruang dengan
pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan mengenai perilaku positif siswa
saat proses pembelajaran (1) meningkatnya kemampuan siswa dalam menggambar motif ornamen (2) gambar
ornamen siswa bervariasi setelah pelaksanaan pembelajaran luar ruang karena mendapat pengalaman belajar
lebih bermakna yang dialami secara langsung.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.