PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RAGAM HIAS GEOMETRIS BERBASIS APLIKASI ANDROID DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMP NEGERI 1 MUNGKID
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Android sebagai Media
Pembelajaran Ragam Hias untuk jenjang siswa SMP; 2) Mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Ragam
Hias Geometris Berbasis Android sebagai media pembelajaran Seni Budaya untuk siswa SMP Negeri 1
Mungkid berdasarkan validasi/penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran Seni Budaya aspek
Seni Rupa; 3) Mengetahui pendapat/respon siswa mengenai penggunaan Media Pembelajaran Ragam Hias
Geometris Berbasis Android sebagai media pembelajaran Seni Budaya. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation) namun dalam pelaksanaannya sampai tahap implementasi. Tingkat
kelayakan media pembelajaran Ragam Hias Geometris Berbasis Android berdasarkan penilaian: (1) ahli materi
diperoleh rata-rata 4,44 termasuk kategori “Sangat Layak” (2) ahli media diperoleh rata-rata 4,10 termasuk
kategori “Layak” (3) praktisi pembelajaran Seni Budaya aspek Seni Rupa diperoleh rata-rata 4,85 termasuk
kategori “Sangat Layak”. Media ini mendapat respon positif dari siswa dengan perolehan persentase pada
semua indikator ≥ 65%. Siswa berpendapat bahwa penyampaian materi, soal, dan pembahasan sangat jelas,
media didesain secara menarik, penggunaan media dapat membantu pemahaman materi ragam hias geometris.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Android sebagai Media
Pembelajaran Ragam Hias untuk jenjang siswa SMP; 2) Mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Ragam
Hias Geometris Berbasis Android sebagai media pembelajaran Seni Budaya untuk siswa SMP Negeri 1
Mungkid berdasarkan validasi/penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran Seni Budaya aspek
Seni Rupa; 3) Mengetahui pendapat/respon siswa mengenai penggunaan Media Pembelajaran Ragam Hias
Geometris Berbasis Android sebagai media pembelajaran Seni Budaya. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation) namun dalam pelaksanaannya sampai tahap implementasi. Tingkat
kelayakan media pembelajaran Ragam Hias Geometris Berbasis Android berdasarkan penilaian: (1) ahli materi
diperoleh rata-rata 4,44 termasuk kategori “Sangat Layak” (2) ahli media diperoleh rata-rata 4,10 termasuk
kategori “Layak” (3) praktisi pembelajaran Seni Budaya aspek Seni Rupa diperoleh rata-rata 4,85 termasuk
kategori “Sangat Layak”. Media ini mendapat respon positif dari siswa dengan perolehan persentase pada
semua indikator ≥ 65%. Siswa berpendapat bahwa penyampaian materi, soal, dan pembahasan sangat jelas,
media didesain secara menarik, penggunaan media dapat membantu pemahaman materi ragam hias geometris.
Refbacks
- There are currently no refbacks.