VIDEO GAME NINTENDO SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA LUKIS

Aldino Isnen Pamungkas,

Abstract


Abstrak
Tujuan penulisan ini adalah untuk merepresentasikan:1)Mendeskripsikan konsep  penciptaan
lukisan  dengan ide penciptaanvideo game nintendo,  2) Mendeskripsikan teknik dan media yang akan
digunakan dalam mewujudkan karya  tersebut sehingga mendukung ide-ide yang akan dicapai,
3)Mewujudkan visualisasi bentuk video game nintendo menjadi objek-objek dalam lukisan.
Metode  yang digunakan dalam penciptaan lukisan ada tiga tahap  yaitu eksplorasi, perancangan
dan perwujudan. Hasil dari penciptaan karya lukisan dapat ditemukan hal-hal berikut: Konsep yang akan
disajikan dalam karya-karya ini merupakan visualisasi dari  video game nintendo  dengan gambaran
ilustrasi  latar belakang video game, warna yang  cenderung soft atau pop, bentuk yang disederhanakan,
memakai  media  kanvas.  Tema penciptaan dalam lukisan-lukisan ini adalahpenulis ingin bernostalgia
dengan moment saat kecil nya, hobi dan ketertarikannya lah yang secara tidak langsung mengenalkan
penulis terhadap  dunia seni rupa sampai saat ini  dalam bentuk latar belakang video game nintendo.
Teknik pewarnaan yang dengan teknik yang dipakai adalah teknik opaque yang membuat kesan flat dan
tidak bervolume. Media penciptaan lukisan menggunakan kanvas. Bentuk lukisan yang diciptakan adalah
lukisan bergaya  Pop  Artyang  flat,  pada objek utama yaitu  characterSuper Mario Bros, Pacman dan
Gradius.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.