PENGEMBANGAN MODUL CETAK PEMBELAJARAN GAMBAR ILUSTRASI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul cetak pembelajaran gambar ilustrasi yang sesuai
untuk siswa di kelas VIII di SMP N 3 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(Research and Development) adaptasi Borg dan Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian.
Penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu: (1) pengumpulan data dan informasi; (2) melakukan
perencanaan; (3) mengembangkan produk awal; (4) validasi ahli (validasi ahli media dan ahli materi); (5)
uji coba kelayakan kelompok besar yang dilakukan kepada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Depok,
Sleman yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Bentuk produk
adalah modul yang memenuhi kelengkapan (self-contained) dan kemudahan menggunakan (User-
friendly). Modul tersebut berukuran kuarto/A4 (210 mm x 297 mm) dengan sampul kertas ivory ketebalan
190gr dan isi modul menggunakan kertas HVS 80gr disajikan secara potrait berisi sebanyak 42 halaman
isi materi dan 2 lembar sampul. Modul memuat materi tentang sejarah gambar ilustrasi, pengertian
ilustrasi, fungsi ilustrasi, ciri-ciri ilustrasi, jenis gambar ilustrasi, unsur gambar ilustrasi, teknik
menggambar ilustrasi, dan menggambar komik strip. Modul telah melewati tahap validasi, dan telah
memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran sebagai suplemen tambahan bagi peserta didik.
Perolehan presentase dari ahli media sebesar 92,5 % dengan kriteria sangat baik, dari ahli materi sebesar
93,1 % dengan kriteria sangat baik, dan uji coba kelayakan kelompok besar memperoleh presentase
sebesar 88,2% dengan kriteria sangat baik. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 3
Depok, Sleman, Yogyakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul cetak pembelajaran gambar ilustrasi yang sesuai
untuk siswa di kelas VIII di SMP N 3 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(Research and Development) adaptasi Borg dan Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian.
Penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu: (1) pengumpulan data dan informasi; (2) melakukan
perencanaan; (3) mengembangkan produk awal; (4) validasi ahli (validasi ahli media dan ahli materi); (5)
uji coba kelayakan kelompok besar yang dilakukan kepada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Depok,
Sleman yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Bentuk produk
adalah modul yang memenuhi kelengkapan (self-contained) dan kemudahan menggunakan (User-
friendly). Modul tersebut berukuran kuarto/A4 (210 mm x 297 mm) dengan sampul kertas ivory ketebalan
190gr dan isi modul menggunakan kertas HVS 80gr disajikan secara potrait berisi sebanyak 42 halaman
isi materi dan 2 lembar sampul. Modul memuat materi tentang sejarah gambar ilustrasi, pengertian
ilustrasi, fungsi ilustrasi, ciri-ciri ilustrasi, jenis gambar ilustrasi, unsur gambar ilustrasi, teknik
menggambar ilustrasi, dan menggambar komik strip. Modul telah melewati tahap validasi, dan telah
memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran sebagai suplemen tambahan bagi peserta didik.
Perolehan presentase dari ahli media sebesar 92,5 % dengan kriteria sangat baik, dari ahli materi sebesar
93,1 % dengan kriteria sangat baik, dan uji coba kelayakan kelompok besar memperoleh presentase
sebesar 88,2% dengan kriteria sangat baik. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 3
Depok, Sleman, Yogyakarta.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.