ANALISIS NILAI ESTETIKA ILUSTRASI PADA T-SHIRT PRODUKSI NJAWANI KAOS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai estetika desain ilustrasi pada t-shirt produksi
Njawani Kaos sebagai salah satu produk fashion yang mengangkat budaya tradisional Indonesia. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 macam kaos produk Njawani
kaos, sedangkan objek material dalam penelitian ini adalah nilai estetika berdasarkan prinsip-prinsip
estetika dalam desain ilustrasi produksi Njawani kaos. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data,
penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Keabsahan data didapatkan dengan triangulasi dan
validasi oleh pakar. Hasil dari penelitian ini diperoleh adanya (1) Kesatuan warna pada keseluruhan
desain ilustrasi produksi Njawani kaos. (2) Keseimbangan radial yang terlihat pada 2 desain Njawin
kaos “Anoman Barong” & “Nyi Blorong”. dan keseimbangan informal yang terdapat pada 2 desain
“Kenyataan Harus Digambarkan” dan “Naga Paksi”. dan keseimbangan formal yang terdapat pada
desain “Dewi Sri”. ( 3) irama silih dapat terlihat dari 3 desain “Kenyataan Harus Digambarkan”,
“Naga Paksi”, dan “Dewi Sri”. dan irama berulang yang terdapat pada 2 desain “Anoman Barong” dan
“ Nyi Blorong” (4) Proporsi yang baik yang terlihat pada keseluruhan desain Njawani kaos (5)
aksentuasi berpusat yang terlihat dari 2 desain “Anoman Barong” dan “Nyi Blorong” dan aksentuasi
pengecualian yang terdapat pada 2 desain “Naga Paksi” dan “Dewi Sri” dan aksentuasi arah yang
terlihat pada desain “ Kenyataan Harus Digambarkan”, (6) kesederhanaan warna yang terlihat di setiap
desain dari Njawani kaos. (7) prinsip semantik dalam setiap desain produksi Njawani kaos yang
memuat makna dan filosofi Budaya Jawa dan Indonesia pada setiap desainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai estetika desain ilustrasi pada t-shirt produksi
Njawani Kaos sebagai salah satu produk fashion yang mengangkat budaya tradisional Indonesia. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 macam kaos produk Njawani
kaos, sedangkan objek material dalam penelitian ini adalah nilai estetika berdasarkan prinsip-prinsip
estetika dalam desain ilustrasi produksi Njawani kaos. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data,
penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Keabsahan data didapatkan dengan triangulasi dan
validasi oleh pakar. Hasil dari penelitian ini diperoleh adanya (1) Kesatuan warna pada keseluruhan
desain ilustrasi produksi Njawani kaos. (2) Keseimbangan radial yang terlihat pada 2 desain Njawin
kaos “Anoman Barong” & “Nyi Blorong”. dan keseimbangan informal yang terdapat pada 2 desain
“Kenyataan Harus Digambarkan” dan “Naga Paksi”. dan keseimbangan formal yang terdapat pada
desain “Dewi Sri”. ( 3) irama silih dapat terlihat dari 3 desain “Kenyataan Harus Digambarkan”,
“Naga Paksi”, dan “Dewi Sri”. dan irama berulang yang terdapat pada 2 desain “Anoman Barong” dan
“ Nyi Blorong” (4) Proporsi yang baik yang terlihat pada keseluruhan desain Njawani kaos (5)
aksentuasi berpusat yang terlihat dari 2 desain “Anoman Barong” dan “Nyi Blorong” dan aksentuasi
pengecualian yang terdapat pada 2 desain “Naga Paksi” dan “Dewi Sri” dan aksentuasi arah yang
terlihat pada desain “ Kenyataan Harus Digambarkan”, (6) kesederhanaan warna yang terlihat di setiap
desain dari Njawani kaos. (7) prinsip semantik dalam setiap desain produksi Njawani kaos yang
memuat makna dan filosofi Budaya Jawa dan Indonesia pada setiap desainnya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.