PENGEMBANGAN BUKU CERITA DWI BAHASA UNTUK KELOMPOK B DI TK ASIH SEJATI YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita dwi bahasa untuk kelompok B di TK Asih
Sejati Yogyakarta, serta mengetahui kelayakan buku cerita dwi bahasa berdasarkan penilaian ahli media, ahli
materi, ahli bahasa dan guru kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg and Gallyaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2)
Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk,
8) Produk Akhir. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Media yang dikembangkan
diujicobakan kepada guru kelompok B di TK Asih Sejati. Hasil penelitian berupa buku cerita dwi bahasaberjudul
“Cimot Kucingku” cerita di dalamnya menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia, terdapat permainandan kamus
kecil yang berisi nama-nama hewan dalam bahasa Jawa. Buku cerita tersebut dibuat dengan software Corel Draw
X5, kemudian tingkat kelayakan buku cerita dwi bahasa berdasarkan penilaian dari ahli media mendapatkan nilai
99,03%, sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dari ahli materi mendapat nilai 87,50%, sehingga
termasuk kategori “sangat layak”, dan dari ahli bahasa mendapat nilai 90,00%, sehingga termasuk kategori “sangat
layak”. Respon guru terhadap buku ini pada saat dilakukan uji coba menunjukkan respon positif dengan
mendapatkan presentase ≥70% setiap indikatornya. Dengan demikian buku cerita dwi bahasaini layak digunakan
sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita dwi bahasa untuk kelompok B di TK Asih
Sejati Yogyakarta, serta mengetahui kelayakan buku cerita dwi bahasa berdasarkan penilaian ahli media, ahli
materi, ahli bahasa dan guru kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg and Gallyaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2)
Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk,
8) Produk Akhir. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Media yang dikembangkan
diujicobakan kepada guru kelompok B di TK Asih Sejati. Hasil penelitian berupa buku cerita dwi bahasaberjudul
“Cimot Kucingku” cerita di dalamnya menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia, terdapat permainandan kamus
kecil yang berisi nama-nama hewan dalam bahasa Jawa. Buku cerita tersebut dibuat dengan software Corel Draw
X5, kemudian tingkat kelayakan buku cerita dwi bahasa berdasarkan penilaian dari ahli media mendapatkan nilai
99,03%, sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dari ahli materi mendapat nilai 87,50%, sehingga
termasuk kategori “sangat layak”, dan dari ahli bahasa mendapat nilai 90,00%, sehingga termasuk kategori “sangat
layak”. Respon guru terhadap buku ini pada saat dilakukan uji coba menunjukkan respon positif dengan
mendapatkan presentase ≥70% setiap indikatornya. Dengan demikian buku cerita dwi bahasaini layak digunakan
sebagai media pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.