FILM DONGENG SEBAGAI STIMULUS PENGEMBANGAN IMAJINASI ANAK MENGGAMBAR DI TK NEGERI 1 PONJONG GUNUNGKIDUL

Restia Ardiatna Ayu Larasati,

Abstract


ABSTRAK
 Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan Film Dongeng sebagai  Stimulus
Pengembangan Imajinasi Anak dalam Menggambar di TK Negeri 1 Ponjong Gunungkidul. Jenis
penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa film dongeng memiliki peran  sebagai stimulus dalam menggambar anak.
Siswa kelompok B2 TK Negeri 1 Ponjong mampu mewujudkan atau memvisualisasikan bentuk-
bentuk dari film dongeng yang telah diberikan dengan versi dan gaya yang berbeda-beda sesuai
dengan pengamatan serta imajinasi mereka masing-masing. Karakteristik dan tipe hasil gambar
juga bermacam-macam yakni tipe non-haptic, haptic, dan willing type.Mayoritas tipe  gambar
anak pada pemutaran film dongeng ini adalah tipe non-haptic, karena hampir seluruh anak kelas
B2 di TK Negeri Ponjong sangat antusias saat pemutaran film dongeng berlangsung, meskipun
mereka berimajinasi dalam memvisualisasikan pengamatannya, anak-anak dapat menangkap dan
memahami alur dengan sangat baik.Disimpulkan bahwa siswa kelompok B2 TK Negeri Ponjong
mampu menangkap dan menerima film dongeng sebagai stimulus untuk mengembangkan
imajinasi sekaligus minat menggambar anak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.