PENGEMBANGAN MODUL TAPESTRI BERBASIS POP-UP DI SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR YOGYAKARTA)
Abstract
Abstrak
Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untukmendiskripsikan tahapan pengembangan modul
pembelajaran tapestri dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis pop-up pada mata pelajaran
tenun tapestri untuk peserta didik kelas XI Jurusan Kriya Tekstil di SMK N 3 Kasihan (SMSR
Yogyakarta).Penelitianini memodifikasi model Research and Development (R&D) dari Sugiono yang meliputi
enam tahapan. Pengumpulan data menggunakancara observasi, wawancara dan angket. Dari penelitian
pengembangan dihasilkan modul tapestri berbasis pop-up dengan contoh nyata tenun tapestri didalamnya.
Melalui modul tapestri yang telah dikembangkan siswa lebih jelas dan aktif dalam pembelajaran tapestri. Hasil
akhirvalidasi ahli materi untuk aspek pendahuluan mendapatkan predikat sangat layak, aspek isi materi
mendapatkan predikat sangat layak, aspek rangkuman dan pustaka mendapatkan predikat sangat layak.
Sedangkan hasilvalidasi media untuk aspek ukuran dan sampul mendapatkan predikat sangat layak, aspek tata
letakmendapatkan predikat sangat layak, jenis huruf mendapatkan predikat sangat layak, aspek gambar
mendapatkan predikat sangat layak, dan aspekpenggunaan mendapatkan predikat sangat layak. Dilihat hasil
akhir, pengembangan modul tapestri berbasis pop-up sangat layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran.
Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untukmendiskripsikan tahapan pengembangan modul
pembelajaran tapestri dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis pop-up pada mata pelajaran
tenun tapestri untuk peserta didik kelas XI Jurusan Kriya Tekstil di SMK N 3 Kasihan (SMSR
Yogyakarta).Penelitianini memodifikasi model Research and Development (R&D) dari Sugiono yang meliputi
enam tahapan. Pengumpulan data menggunakancara observasi, wawancara dan angket. Dari penelitian
pengembangan dihasilkan modul tapestri berbasis pop-up dengan contoh nyata tenun tapestri didalamnya.
Melalui modul tapestri yang telah dikembangkan siswa lebih jelas dan aktif dalam pembelajaran tapestri. Hasil
akhirvalidasi ahli materi untuk aspek pendahuluan mendapatkan predikat sangat layak, aspek isi materi
mendapatkan predikat sangat layak, aspek rangkuman dan pustaka mendapatkan predikat sangat layak.
Sedangkan hasilvalidasi media untuk aspek ukuran dan sampul mendapatkan predikat sangat layak, aspek tata
letakmendapatkan predikat sangat layak, jenis huruf mendapatkan predikat sangat layak, aspek gambar
mendapatkan predikat sangat layak, dan aspekpenggunaan mendapatkan predikat sangat layak. Dilihat hasil
akhir, pengembangan modul tapestri berbasis pop-up sangat layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.