PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR FLORA DAN FAUNA SMP NEGERI 1 KALIKOTES KLATEN BERBENTUK POP-UP BOOK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan media pembelajaran menggambar flora dan fauna yang
berbentuk pop-up book untuk siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten, serta mengetahui kelayakan media
pembelajaran pop-up book berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Seni Rupa dan
pendapat dari siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi
dari model pengembangan Borg and Gall yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk,
4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian. Validasi
dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Seni Rupa yaitu guru SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten.
Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten.
Hasil penelitian berupa media pembelajaran berbentuk pop-up book yang didalamnya memuat materi
menggambar flora dan fauna, alat dan bahan menggambar, langkah-langkah menggambar, serta soal evaluasi.
Penilaian kelayakan media pembelajaran dari ahli materi mendapat nilai 79,5%, sehingga termasuk dalam kategori
“sangat layak”, dari ahli media mendapat nilai 96,87%, sehingga termasuk kategori “sangat layak”, dan dari
praktisi pembelajaran seni rupa mendapat nilai 91%, sehingga termasuk kategori “sangat layak”. Respon siswa
terhadap media pembelajaran menunjukkan respon “Sangat Positif” dengan mendapatkan persentase ≥85% setiap
indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran pop-up book ini layak digunakan sebagai media
pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan media pembelajaran menggambar flora dan fauna yang
berbentuk pop-up book untuk siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten, serta mengetahui kelayakan media
pembelajaran pop-up book berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Seni Rupa dan
pendapat dari siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi
dari model pengembangan Borg and Gall yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk,
4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian. Validasi
dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Seni Rupa yaitu guru SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten.
Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten.
Hasil penelitian berupa media pembelajaran berbentuk pop-up book yang didalamnya memuat materi
menggambar flora dan fauna, alat dan bahan menggambar, langkah-langkah menggambar, serta soal evaluasi.
Penilaian kelayakan media pembelajaran dari ahli materi mendapat nilai 79,5%, sehingga termasuk dalam kategori
“sangat layak”, dari ahli media mendapat nilai 96,87%, sehingga termasuk kategori “sangat layak”, dan dari
praktisi pembelajaran seni rupa mendapat nilai 91%, sehingga termasuk kategori “sangat layak”. Respon siswa
terhadap media pembelajaran menunjukkan respon “Sangat Positif” dengan mendapatkan persentase ≥85% setiap
indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran pop-up book ini layak digunakan sebagai media
pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.