CONCEPTUAL ART DALAM KARYA SENI LUKIS ANAK USIA 4 SAMPAI 8 TAHUN

Saptari Siwi Wahyuningsih,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ide dan konsep lukisan anak usia 4 sampai 8 tahun
berdasarkan model penciptaan conceptual art. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini adalah lukisan anak, kata-kata, dan dokumen tambahan. Sumber data primer
pada penelitian ini adalah lukisan anak usia 4 sampai 8 tahun sebagai sumber data mengenai ide dan konsep karya.
Sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen mengenai seni lukis anak, karya, dan teori conceptual art. Subjek
penelitian ini adalah lukisan anak, sedangkan objek formal meliputi ide dan konsep, dan objek material meliputi
warna, garis, bidang, dan bentuk. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis
dokumen. Pada penelitian ini peneliti sebagai instrumen penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara
mendeskripsikan karya seni lukis anak usia 4 sampai 8 tahun berdasarkan konstruksi  conceptual art.  Hasil
verifikasi kemudian melewati tahapan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik pemeriksaan
triangulasi untuk membuktikan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ide dan konsep
merupakan fondasi dalam anak berkarya seni lukis. Anak-anak menggunakan seni lukis sebagai sarana
menyampaikan hal yang ada dalam pikiran dan perasaannya yakni ide dan konsep. Ide yang disampaikan anak
dalam bentuk lukisan diantaranya adalah representasi diri, tempat tinggal, pemandangan gunung, pergi berlibur
naik alat transportasi, proses sosial, dan jalan raya. Sedangkan konsep yang disampaikan dalam lukisan anak
diantaranya adalah konsep ruang dan konsep waktu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.