DESAIN MASKOT GULA SEMUT KUB GENDIS MANIS DESA KALIREJO
Abstract
Abstrak
Perancangan Maskot Produk Gula Semut KUB Gendis Manis Desa Kalirejo, Kabupaten Kulon Progo
bertujuan untuk menghasilkan konsep dan visualisasi promosi produk unggulan gula semut di Kabupaten
Kulon Progo yang unik, komunikatif, kreatif, artistik dan efektif. Proses perancangan desain maskot
melalui tahapan-tahapan, pengumpulan data, analisis data dengan SWOT (strengths, weakness,
opportunities, threats), dan kesimpulan desain akhir.
Metode visualisasi desain mengacu pada kreatifitas dan inovasi melalui tahapan proses membuat ide
layout, layout kasar, layout menyeluruh dan layout akhir. Teknik pewarnaan menggunakan warna yang
cerah, dan dasar perancangan yang digunakan adalah kesederhanaan. Dalam desain ini menggunakan dua
jenis huruf yaitu bubble dan brush stroke plain yang memiliki sifat keterbacaan sangat mudah, ekspresif
dan keakraban. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya ini adalah menggunakan perangkat
komputer berupa Adobe Photoshop, Corel Draw dan manual.
Hasil dari perancangan tersebut berupa karakter maskot manusia setengah semut bernama Si Antons
dalam bentuk dua dimensi. Kemudian hasil visualisai karakter tersebut di aplikasikan ke dalam media
media utama dan media pendukung berupa kemasan produk, baliho, katalog dan kalender.
Perancangan Maskot Produk Gula Semut KUB Gendis Manis Desa Kalirejo, Kabupaten Kulon Progo
bertujuan untuk menghasilkan konsep dan visualisasi promosi produk unggulan gula semut di Kabupaten
Kulon Progo yang unik, komunikatif, kreatif, artistik dan efektif. Proses perancangan desain maskot
melalui tahapan-tahapan, pengumpulan data, analisis data dengan SWOT (strengths, weakness,
opportunities, threats), dan kesimpulan desain akhir.
Metode visualisasi desain mengacu pada kreatifitas dan inovasi melalui tahapan proses membuat ide
layout, layout kasar, layout menyeluruh dan layout akhir. Teknik pewarnaan menggunakan warna yang
cerah, dan dasar perancangan yang digunakan adalah kesederhanaan. Dalam desain ini menggunakan dua
jenis huruf yaitu bubble dan brush stroke plain yang memiliki sifat keterbacaan sangat mudah, ekspresif
dan keakraban. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya ini adalah menggunakan perangkat
komputer berupa Adobe Photoshop, Corel Draw dan manual.
Hasil dari perancangan tersebut berupa karakter maskot manusia setengah semut bernama Si Antons
dalam bentuk dua dimensi. Kemudian hasil visualisai karakter tersebut di aplikasikan ke dalam media
media utama dan media pendukung berupa kemasan produk, baliho, katalog dan kalender.
Refbacks
- There are currently no refbacks.