ESTETIKA FOTOGRAFI STILL LIFE PADAPRODUK ONLINE SHOP FOLK STORE
Abstract
Abstrak
Penelitian diskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengkaji tentang estetika fotografi still life pada produk
online shop Folk Store.
Data penelitian berupa unsur-unsur estetika pada foto yang diperoleh melalui pengumpulan dokumen,
wawancara. Objek material berupa 3 foto produk online shop Folk Storeyang sudah memenuhi standar
pemotretan yang benar. Sedangkan objek formal berupa unsur-unsur estetika foto produk online shop
Folk Store yang merujuk pada unsur-unsur estetika menurut teori A.A.M Djelantik yaitu wujud
(appereance), isi (content), dan penyajian (presentation). Proses analisis data menggunakan teknik
analisis data model Miles dan Huberman serta pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan metode
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Wujud atau rupa meliputi garis, bidang, ruang, warna.
Sedangkan struktur meliputi keutuhan, penonjolan dan keseimbangan pada foto produk online shop Folk
Store, masing-masing memiliki karakteristik berbeda-beda yang menambah keindahan penyusunannya 2)
Isi atau bobot yang terkandung dalam foto produk online shop Folk Store terdiri dari suasana, ide atau
gagasan, dan pesan yang ingin disampaikan.Ide atau gagasan foto menggunakan konsep single yang
menggunakan satu obyek foto dalam pengambilan gambar. Suasana yang dibangun yaitu kesan simple
sesuai dengan karakteristik foto produknya. Pesan yang ingin disampaikan pada foto berbeda-beda, sesuai
dengan karakteristik masing-masing produk, 3) Penyajian foto diunggah melalui akun instagram dengan
editing brightnest/contrast dan cropping.
Penelitian diskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengkaji tentang estetika fotografi still life pada produk
online shop Folk Store.
Data penelitian berupa unsur-unsur estetika pada foto yang diperoleh melalui pengumpulan dokumen,
wawancara. Objek material berupa 3 foto produk online shop Folk Storeyang sudah memenuhi standar
pemotretan yang benar. Sedangkan objek formal berupa unsur-unsur estetika foto produk online shop
Folk Store yang merujuk pada unsur-unsur estetika menurut teori A.A.M Djelantik yaitu wujud
(appereance), isi (content), dan penyajian (presentation). Proses analisis data menggunakan teknik
analisis data model Miles dan Huberman serta pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan metode
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Wujud atau rupa meliputi garis, bidang, ruang, warna.
Sedangkan struktur meliputi keutuhan, penonjolan dan keseimbangan pada foto produk online shop Folk
Store, masing-masing memiliki karakteristik berbeda-beda yang menambah keindahan penyusunannya 2)
Isi atau bobot yang terkandung dalam foto produk online shop Folk Store terdiri dari suasana, ide atau
gagasan, dan pesan yang ingin disampaikan.Ide atau gagasan foto menggunakan konsep single yang
menggunakan satu obyek foto dalam pengambilan gambar. Suasana yang dibangun yaitu kesan simple
sesuai dengan karakteristik foto produknya. Pesan yang ingin disampaikan pada foto berbeda-beda, sesuai
dengan karakteristik masing-masing produk, 3) Penyajian foto diunggah melalui akun instagram dengan
editing brightnest/contrast dan cropping.
Refbacks
- There are currently no refbacks.