PERANCANGAN MEDIA PROMOSI CAPTURE PHOTOGRAPHY YOGYAKARTA

Andika Widya Permana,

Abstract


Abstrak
Perancangan media promosi Capture Photography ini bertujuan untuk merancang desain yang efektif,
efisien, kreatif, dan komunikatif sehingga  keberadaan perusahaan ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Selain itu perancangan media promosi ini menyampaikan identitas baru perusahaan yang sebelumnya hanya
bergerak di bidang jasa videografi menjadi perusahaan yang bergerak di bidang fotografi dan videografi.
Metode perancangan meliputi proses pengumpulan data verbal maupun data  visual dengan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan menggunakan analisis SWOT dan dilanjutkan tahap
visualisasi desain. Tahapan perancangan desain penciptaan media promosi dengan proses membuat  layout kasar,
layout komprehensif dan desain lengkap. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya diantaranya berupa
perangkat manual misalnya pensil,  sketch book,  drawing pen,  dan perangkat  komputer berupa perangkat keras
(hardware)  seperti komputer/laptop, mouse,  scanner  dan kamera digital. Sedangkan perangkat lunak  (software)
yang digunakan adalah Adobe Photoshop, CorelDraw, Pagebreeze dan Microsoft Word.  
Hasil perancangan media promosi berupa konsep visual yang memadukan beberapa unsur yaitu elegan dan
modern. Kesan elegan terdapat pada warna identitas yaitu warna kuning emas, dan abu-abu. Modern diperoleh dari
gubahan simbol fokus viewfinder/lifeview kamera pada logo yang dibuat lebih sederhana. Jenis media yang dibuat
berupa media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Media utama yang dihasilkan yaitu
logo Capture Photography yang diaplikasikan pada media utama dan media pendukung. Media utama antara lain
website desain, brosur dan billboard, sedangkan media pendukung antara lain kop surat, amplop, kartu nama, nota
pembayaran, seragam karyawan, poster, x-banner, stiker, t-shirt dan kalender.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.